PenaRagam
Trending

Pemdes Tamansari Menggenjot Pariwisata dengan Ini

Kab. Sukabumi, LabakiNews.id – Desa Tamansari termasuk kawasan yang strategis untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata, salah satunya Situ Cisuba.

Hal ini desebabkan letaknya yang berada di Kabupaten Sukabumi, yang merupakan ring ke-2 dari Ibu Kota Jakarta setelah Bogor.

Selain itu Desa Tamansari merupakan desa terdekat dengan jalur destinasi wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Nilai strategis lainnya adalah dengan adanya rencana pembangunan bandara yang diharapkan mampu menjadikan Desa Tamansari, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi sebagai destinasi wisata yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Dilihat dari runtutan sejarah, dalam kurun waktu ± 10-30 tahun yang lalu, Situ Cisuba menjadi sebuah destinasi wisata favorit warga Desa Tamansari dan desa sekitarnya, namun saat ini pamornya telah hilang termakan usia, selain itu dengan banyaknya juga destinasi wisata baru di tempat lain menjadikan pengunjung lebih memilih tempat wisata baru.

Baca Juga:

Oleh sebab itu diperlukan pengembangan destinasi wisata Situ Cisuba agar menjadi destinasi wisata tujuan para wisatawan kembali, salah satunya dengan memperbaiki kwalitas serta penataan lingkungan dan membuat berbagai wahana yang dapat menjadikan daya tarik seperti camp ground, flying fox, outbond, wisata kuliner serta sanggar seni.

Pembangunan kawasan wisata Situ Cisuba harus dipadukan dengan kesiapan warganya untuk dapat berkontribusi dalam setiap jengkal perubahan dan kemajuan dalam pembangunan ini. Oleh sebab itu untuk memasyarakatkan Situ Cisuba lahirlah acara “Cisuba Traditional Tourism Festival” dengan maksud sebagai ajang silaturahmi dan mengenalkan situ cisuba serta mengajak kepada seluruh masyarakat agar terlibat aktif dalam menjaga, melestarikan dan mengelola situ Cisuba.

“Kami masih menggalang dari segi pembiayaan baik itu melalui pastisipasi yang bersifat materil dan suport yang besifat daya pendukung maupun imateril dari para instansi terkait, dan saya berharap besar agar para stake holder yang berafiliasi di bidang pariwisata dapat membantu dan mendorong kami untuk mensukseskan acara ini,” ujar Omen salah seorang panitia acara.

( Tds/Fer )

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button