PenaEkonomi
Trending

Jabar Buka Kolaborasi dengan 33 Provinsi di 3 Sektor Ini

PenaKu.ID – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat membuka peluang kolaborasi dan kerja sama dengan 33 provinsi se-Indonesia dalam bidang pariwisata, perdagangan dan investasi.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, di masa pemulihan ekonomi saat ini, Jabar ingin berkontribusi positif dalam pembangunan nasional melalui kerja sama dengan 33 provinsi se-Indonesia.

Demikian dikatakannya saat membuka Forum Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi se-Indonesia “West Java Tourism, Trade and Investment Partnership (WJ-TRIP)”, di Hotel Trans Luxury Bandung, Selasa (21/12/2021).

“Ekonomi tidak perlu dibatasi wilayah politik di mana ada suplai dan demand di situ terjadi kesejahteraan. Maka salah satu aspek yang harus dimaksimalkan adalah perdagangan antardaerah,” ujar Gubernur.

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, salah satu yang harus dimaksimlkan dalam forum tersebut adalah database daerah. Sebab data kebutuhan daerah ini mempengaruhi keputusan yang akan diambil.

“Good data good decision, bad data bad decision, no data no decision. Jadi kita mulai dari data dulu setiap dari kita butuhnya apa,” katanya.

Contoh kerja sama yang sudah terjalin yaitu dengan Provinsi Sumatera Barat, di mana Jabar sudah mulai investasi penanaman 50 hektare jagung. Jabar sendiri saat ini membutuhkan banyak daging sapi dan telur untuk memenuhi kebutuhan hampir 50 juta warganya. Termasuk juga di sektor potensial Jabar lainnya yakni pariwisata.

“Jadi mari kurangi kompetisi, perbanyak kolaborasi karena kita NKRI. Semoga dengan forum ini ada tindak lanjut kongkretnya yang nantinya berdampak kesejahteraan masyarakat.

Selain untuk meningkatkan kerja sama daerah, forum WJ-TRIP juga bertujuan meningkatkan cakupan dan kapasitas bisnis BUMD serta badan usaha bidang pariwisata, perdagangan dan investasi. Seperti kerja sama yang sudah terjalin antara PT Jaswita Jabar (Perseroda) dengan PT Flobamor Nusa Tenggara Barat, di mana kedua belah pihak sepakat meningkatkan pemasaran, perdagangan dan pengembangan potensi pariwisata.

Dalam forum itu juga telah ditandatangani kerja sama antara PT Agro Jabar dengan PT Citra Mandiri Jawa Tengah tentang kolaborasi pengembangan bisnis BUMD. Kemudian penandatanganan komitmen bersama antara Pemda Provinsi Jabar dengan 33 pemda provinsi se-Indonesia tentang sinergi dan kolaborasi pembangunan daerah bidang pariwisata, perdagangan dan investasi.

“Komitmen kami Jabar juara juga harus jadi Indonesia juara,” pungkas Kang Emil.

**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button