Pemdes Hegarmanah Realisasikan DD Bangun TPT

Kab. Cianjur, LabakiNews.id –

Peran aktif warga dalam melaksanakan pembangunan adalah salah satu kunci keberhasilan pembangunan di lingkup terkecil . Kata kunci tersebut berlaku mutlak pada pembangunan di tingkat desa.

Konsep pembangunan demikian terealisasi di Desa Hegarmanah Kecamatan Bojongpicung Cianjur. Desa tersebut melaksanakan pembangunan infrastruktur atas dasar usulan dari warga. Sekretaris Desa Hegarmanah, Iyus Firja menyampaikan bahwa setiap aktivitas pembangunan adalah hasil Musrenbangdes. ” Setiap pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemdes adalah atas usulan warga melalui Musrenbangdes,” katanya pada saat ditemui di Kantor Desa Hegarmanah Selasa (6/8/2019).

Seperti pembangunan TPT ( Tembok Penahan Tanah ) di lingkungan Rw 03 Kp Pasir Jengkol -Kp Pasir Malang sepanjang 535 meter anggaran biaya Rp.145,870,000 Kegiatan tersebut hasilnya akan bermanfaat tidak hanya bagi warga yang keluar masuk kampung, namun juga bermanfaat bagi petani.

Pasalnya dengan kondisi jalan yang diperkuat dengan tembok disisi sampingnya, akan mencegah ambrolnya tanah bila kendaraan dengan muatan berat lewat. Seperti disampaikan Ajat , Ketua Rw 03 Desa Hegarmanah.

Menurutnya , sering mobil pick up dan engkel yang masuk bermuatan material milik warga, tetapi juga yang muat hasil pertanian, terutama yang keluar masuk saat musim panen. Tak kurang lahan persawahan terhampar di sisi kampung.

Lebih jauh Ajat Sudrajat yang akrab dipanggil Hasan memaparkan bahwa kegiatan tersebut atas usulan dari warga , dan warga sendiri yang mengerjakan (Swakelola).

” Jalan itu adalah akses jalan besar untuk masuk , warga harus bisa merawat , lebih lebih menjadikan jalan itu sebagai pintu gerbang yang bersih dan elok” untuk kampung. pungkasnya.

( Rush )

Leave a Reply

Your email address will not be published.