Pemerintahan

Samsat Soreang Kabupaten Bandung Siagakan Tim Khusus! Begini Cara Baru Layani Cek Fisik Kendaraan

Samsat Soreang Kabupaten Bandung Siagakan Tim Khusus! Begini Cara Baru Layani Cek Fisik Kendaraan
Samsat Soreang Kabupaten Bandung Siagakan Tim Khusus! Begini Cara Baru Layani Cek Fisik Kendaraan

PenaKu.ID – Guna memberikan pelayanan terbaik dan maksimal bagi masyarakat, Samsat Soreang terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan, khususnya dalam proses cek fisik kendaraan bermotor.

Brigadir Rizky Rialdy, S.H., selaku Kepala Pokja Cek Fisik Samsat Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menegaskan bahwa pihaknya berupaya konsisten menghadirkan pelayanan yang cepat, akurat, dan ramah.

“Samsat Soreang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam proses cek fisik kendaraan bagi wajib pajak yang akan mengganti plat nomor lima tahunan,” ujarnya, Kamis (9/10/2025).

Sebagai bentuk nyata peningkatan pelayanan, Samsat Soreang menurunkan enam petugas di lapangan. Empat petugas ditugaskan untuk menangani kendaraan roda dua, sementara dua petugas lainnya fokus pada kendaraan roda empat.

“Di lapangan kami siagakan enam petugas. Dua di antaranya menangani kendaraan roda empat, dan empat lainnya fokus pada roda dua. Mereka memastikan nomor mesin dan nomor rangka kendaraan sesuai dengan data resmi yang tercatat dalam dokumen,” jelas Brigadir Rizky.

Tak hanya mengandalkan anggota di lapangan, Brigadir Rizky juga turut melakukan pemeriksaan akhir terhadap hasil identifikasi kendaraan.

“Saya secara langsung memeriksa hasil identifikasi yang dilakukan petugas, terutama untuk mencocokkan data kendaraan dengan dokumen asli seperti STNK, BPKB, dan KTP pemilik,” tambahnya.

Bagaimana Samsat Soreang Percepat Proses?

Untuk mempercepat proses, masyarakat diwajibkan membawa kendaraannya langsung ke Samsat saat melakukan penggantian plat nomor, balik nama, atau mutasi data.

“Setiap kendaraan yang akan mengganti plat, melakukan BBN, atau mutasi data wajib hadir langsung ke Samsat setempat untuk dilakukan pemeriksaan identifikasi,” tegasnya.

Menurutnya, langkah ini dilakukan agar pelayanan lebih optimal dan masyarakat merasa puas serta terbantu.

“Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat merasa puas. Semua proses kami lakukan sesuai prosedur, dengan sikap ramah, senyum, sapa, dan profesional,” pungkas Brigadir Rizky.***

Exit mobile version