Ingin Tahu Cara Menangkap Belut ? Simak Ulasan Dibawah

Kab. Cianjur, LabakiNews.id –

Belut merupakan hewan air yang mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk kebutuhan tubuh.

Hewan air jenis belut ini banyak dicari masyarakat karena selain daripada mengandung banyak manfaat bagi tubuh juga rasanya yang begitu lezat.

Konon juga nilai gizi pada belut bagus untuk kecerdasan anak-anak sehingga untuk para bapak-bapak khusunya yang hobi mancing untuk menyempatkan untuk memberikan belut untuk anak kesayangannya.

Rasanya yang lezat dengan beragam cara penyajian seperti digoreng, sayur, sambalin dan banyak lagi membuat hewan ini menjadi primadona masakan di Indonesia.

Tiga pemburu belut yg berasal dari Kampung Cibihbul Desa Bojongpicung Cianjur bertemu di warung Cepi Desa Hegarmanah saat mereka melepas lelah sambil ngopi (23,45wib) sekitar 4 km dari desa mereka berasal.

Tiap malam aktif berburu belut kecuali malam jumat, hal itu dilakukan dengan cara disetrum dan rata rata mereka dapat belut 3kg sampai 5kg tiap malam atau mereka mendapat penghasilan 100ribu sampai 150 ribu rupiah permalam.

Proses Berburu Belut Dengan Alat Strum kalau dilihat jelas lebih mudah dari pada menggunakan pancing belut (urek), karena kita hanya menusuk-nusukan gagang yang dialiri arus listrik di sekitar pematang (galengan) sawah yang biasa dihuni oleh belut sawah sambil menekan-nekan saklar dan memperhatikan permukaan lumpur sawah.

Bagaimana cara mengetahui kalau ada belut di dalam lumpur? menurut mereka, jika kita perhatikan baik-baik permukaan lumpur disawah ada semacam indikator perubahan seperti lumpur bergerak-gerak atau ada gelembung-gelembung yang keluar dari dalam lumpur.

Melihat indikasi tersebut maka kita harus memasukan tangan kita ke dalam lumpur dan meraba-rabanya, belut yang tersengat setrum biasanya langsung kaku, tetapi ini hanya bertahan sekitar 1-2 menit saja setelah itu akan kembali gesit dan licin,jelas mereka.

(Rusli)

Leave a Reply

Your email address will not be published.