PenaPolitik
Trending

Workshop Nasional DPP PAN di Bali, Emil Beberkan Hal Ini

PenaKu.IDWorkshop Nasional DPP PAN di Bali menghadirkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai salah satu keynote speaker dalam helatan tersebut.

Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bicara soal kepemimpinan di era digital pasca-pandemi di acara Workshop Nasional DPP PAN di Bali di hadapan ribuan kader Partai Amanat Nasional, Selasa (5/10/2021).

Ridwan Kamil memberikan tips bagaimana menggaet perhatian dan simpati Generasi Z (Genzi) melalui pemanfaatan media sosial untuk sukses program pembangunan baik yang dilakukan pemerintah maupun partai politik.

Workshop Nasional Dewan Pengurus Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) diselengarakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (5/10/2021) secara hybrid.

Menurut Ridwan Kamil, disrupsi digital saat ini memaksa setiap orang untuk mengaplikasikan mesin digital dalam aktivitas sehari-sehari. Termasuk di ranah politik, kader partai harus memahami bahwa kini informasi melalui media sosial paling efektif dikonsumsi masyarakat ketimbang melalui baliho.

“Digital dulu adalah pilihan sekarang paksaan. Jadi kalau kader PAN tidak pakai medsos itu sudah ketinggalan zaman karena generasi baru kita tidak mengonsumsi informasi lewat baliho tapi medsos,” ujarnya.

Alasannya, genzi merupakan konsumen politik potensial yang harus diperhatikan partai politik termasuk dalam menyuarakan pemilu yang damai, aman dan kondusif. Genzi berada di rentang usia SMA sampai awal kuliah yang perilakunya selalu melakukan riset lewat media sosial.

“Contoh mau nyoblos Kang Bima Arya sebagai wali kota mereka risetnya itu dari Google, Youtube dan media sosial untuk mencari jejak digitalnya,” ungkap Kang Emil – sapaan akrab Ridwan Kamil.

Kata Kang Emil, jika partai politik ingin menang dalam pemilu maka perhatikan perilaku genzi bagaimana mereka mencari informasi lalu bersimpati dan akhirnya memberikan suara.

“Generasi Z ini berkumpul di Tiktok dan medsos lainnya. Maka promosikan nilai-nilai politik yang humanis dan mulia melalui platform tersebut,” saran Kang Emil.

Menggaet simpati milenial untuk berbagai program bermanfaat sangat besar peluangnya dilakukan di dunia maya. Contoh di Jabar, menurut data jumlah pengguna internet di Jabar periode 2019 sampai kuartal II 2020 masih tertinggi di Indonesia, yakni 35,1 juta orang atau 17,8 persen nasional.

“Bahkan semua generasi kini dipaksa mengakses digital,” ucap Kang Emil.

Workshop Nasional DPP PAN di Bali, digelar dalam mendorong kader PAN untuk ambil peran dalam menjaga narasi positif di tengah masyarakat. Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan, materi yang disampaikan Kang Emil harus dijadikan inspirasi bagi para Kader PAN.

“Saya jatuh cinta sama Kang Emil, untuk itu bagi kader semua apa yang disampaikan Kang Emil harus jadi inspirasi, isinya ilmu semua untuk menambah wawasan,” ujar Zulkifli.

Workshop Nasional DPP PAN di Bali digelar selama tiga hari. Selain Gubernur Jabar, Menteri BUMN Erick Tohir juga turut mengisi rangkaian workshop termasuk sejumlah gubernur di Pulau Jawa.

Ada Kue Kejutan dalam Workshop Nasional DPP PAN di Bali

Gubenur Ridwan Kamil mendapat kejutan istimewa saat menghadiri Workshop Nasional PAN di Bali tersebut. Ia tak menyangka kader PAN yang diwakili Ketua Umum Zulkifli Hasan memberikan kue ulang tahun selepas dirinya menyampaikan materi workshop.

“Nggak menyangka kader beri kejutan untuk saya,” ucapnya.

Ridwan Kamil genap berusia 50 tahun pada 4 Oktober 2021. Menurut Kang Emil PAN merupakan satu-satunya partai yang memberikan kado kue ulang tahun.

“Satu-satunya partai yang merayakan ulang tahunnya saya hanya PAN,” katanya.

Para kader PAN yang saat itu tengah mengikuti materi workshop sontak berdiri sambil menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Teriring doa juga dipanjatkan oleh semua kader yang dipimpin oleh ketua umum untuk kesehatan dan kesuksesan Kang Emil.

Ia mengajak para kader PAN untuk mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan yang saat ini masih bisa dirasakan yakni nikmat umur dan kesehatan.

“Kita syukuri banyak nikmat, salah satunya nikmat umur dan tentunya nikmat kesehatan,” ucapnya.

Kang Emil berujar, kebaikan doa dan kejutan yang diterimanya akan dibalas pada saat PAN berulang tahun. “Ibu saya bilang kebaikan harus dibalas dengan kebaikan, nanti kalau PAN Jabar ulang tahun akan saya kasih kado,” katanya

(epi/rdi)

Related Articles

Back to top button