PenaPeristiwa
Trending

Ulat Bulu Meneror Warga di Kuningan

PenaKu.ID – Ratusan ulat bulu meneror pemukiman warga di Dusun Puhun, Desa Mekarmukti, Kecamatan Sindangagung, Kuningan, Jawa Barat pada Jumat (4/6/21).

Hama yang semakin banyak dan nyaris memenuhi seluruh bagian pohon jabon ini, membuat warga semakin khawatir bakal memasuki tempat tinggalnya.

Bahkan, sebagian ulat bulu tersebut telah memasuki Halaman Rumah Sajid dan Bagyo warga Rt 06 Rw 02, Dusun Puhun.

“Awalnya istri Saya menjemur pakaian seragam dinas saya dan setelah kering, begitu digunakan, bajunya itu bikin gatal, akhirnya saya cari penyebabnya dan menemukan ada ulat bulu di depan rumah,” terang Sertu Bagyo, Babinsa Koramil 1513/Garawangi dilansir mimbar-rakyat jejaring PenaKu.ID grup Siberindo.

Melihat hal itu, Sertu Bagyo meminta Damkar Kuningan untuk melakukan penyemprotan, Jum’at (4/6/2021).

Atas laporan itu, petugas Damkar Kuningan mengerahkan saru unit kendaraan dinas dan satu timnya untuk segera melakukan penyemprotan pada pukul 15.20 WIB.

Alhasil dalam kurun waktu 40 menit hama ulat bulu yang diduga berasal dari pohon jabon berhasil dilumpuhkan.

“Alhamdulillah ulat bulunya pada mati. Kami semprotkan cairan insektisida yang dicampur dengan garam kasar dan cairan detergen, untuk detergennya itu berfungsi mengikat bulu – bulunya agar tidak bertebangan,” papar Khadafi.

Cairan itu, lanjut Khadafi, bisa digunakan di rumah apabila serangan ulat bulu menyerang rumah Anda.

“Namun saat pembuatannya saya sarankan menggunakan sarungtangan, karena cairan itu sangat panas apabila bersentuhan langsung pada kulit,” saran Khadafi.

Tidak ada korban dalam peristiwa itu, Khadafi menyarankan apabila peristiwa itu kembali terjadi untuk segera melakukan penyemprotan.

“Jangan lupa memakai tangan panjang saat penyemprotan. Kemudian apabila tetap tidak mempan bisa menghubungi Damkar Kuningan,” jelasnya.

***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button