PenaRagam
Trending

Sidang Putusan Komisi Informasi Jabar Tetap Berlangsung Meski Termohon Urung

PenaKu.ID – Sidang di Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat dengan agenda putusan tetap berlangsung pada Selasa, 25 Mei 2021 meskipun tanpa dihadiri oleh pihak termohon dari Kecamatan Cisompet dan PPID Kabupaten Garut dari Diskominfo.

Kuasa pemohon Nenk Vera Veronicca menyebutkan, hal ini merupakan salah satu bentuk yang patut diapresiasi atas kredibilitas pejabat di Kabupaten Garut.

“Peristiwa ini patut publik apresiasi, karena undangan sidang dari Komisi Informasi pun yang telah dikirim kepada Kecamatan Cisompet tidak diindahkan oleh Camat Cisompet. Sekmat dan PPID Kabupaten Garut,” sebut Asep Muhidin selaku kuas, Rabu (26/5/21).

Selain itu, Asep menduga, sebagian Pejabat di Kabupaten Garut mungkin tertular penyakit Contemp Of Court. Artinya keadilan telah dicemoohkan oleh sebagian oknum pejabat Garut, Sesungguhnya, dalam Contempt Of Court, keadilan itu sendiri yang dicemoohkan, bukan pengadilan sebagai sebuah badan, bukan hakim.

“Jadi sebagian masyarakat Cisompet yang diwakili oleh Nenk Vera sedang mencari keadilan dalam meminta salinan data dan informasi yang memang kategori terbuka dan dikuasai oleh kecamatan Cisompet, namun Camat Cisompet Rakhmat Alamsyah, S.Sos telah mencerminkan figur seorang pimpinan dengan tidak menghalangi amanat Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Pasal 28F yang menyebutkan “ Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia,”

Baca juga:

Di Kabupaten Garut sekarang sedang gencar pembatasan pengembangan diri oleh sebagian oknum Pejabat agar masyarakatnya tidak tahu apa-apa dan mudah dinina bobokan. Namun demikian, kami berharap Bupati Garut bangun dari tidurnya dengan mendengarkan suara-suara masyarakat, bukan suara atau laporan pejabatnya yang melaporkan dengan metode asal bapak senang atau ABS.

Jadi, cukup pantas dan wajar kalau Bupati Garut yang terhormat Bapak Rudi Gunawan, S.H., M.H., MP mengevaluiasi keberadaan jabatan Camat Cisompet saudara Rakhmat Alamsyah, S.Sos dengan dasar Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS, di situ terdiri dari aspek hasil terdiri dari sasaran kinerja dengan bobot 60% dan aspek prilaku yang di dalamnya menilai orientasi pelayanan, komitmen, kerjasama, inisiatif, dan kepemimpinan.

“Kalau pak Bupati bersifat objektif, tentu hal ini akan dilaksanakan dengan memerintahkan instansi terkait seperti BKD dan dalam penilaian tersebut mungkin layak dimutasi, namun bila masih ada kepentingan politik dalam hal tidak objektif, tentu akan diam seolah tidak mendengar karena laporan dari bawahannya baik alias asal bapak senang,” tandas Asep.

(ZAR)

Related Articles

8 Comments

  1. Hey there would you mind sharing which blog platform you’re working with?
    I’m planning to start my own blog in the near future but I’m having
    a difficult time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your layout seems different
    then most blogs and I’m looking for something completely unique.
    P.S Apologies for being off-topic but I had to ask!

  2. What i don’t realize is if truth be told how you are not actually
    much more smartly-liked than you might be right now. You’re so
    intelligent. You realize thus considerably when it comes to this subject, produced me for my part imagine it
    from numerous numerous angles. Its like men and women don’t seem to be
    involved except it is one thing to accomplish with Girl gaga!
    Your personal stuffs nice. All the time maintain it up!

  3. What’s up friends, how is the whole thing, and what you desire to say concerning this article, in my view
    its actually amazing for me.

  4. I do not even know how I ended up here, but I thought
    this post was great. I don’t know who you are but certainly you are going to a famous blogger
    if you are not already 😉 Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button