PenaRagam
Trending

Dishub KBB Wacanakan Trayek Sindangkerta-Jatinangor

PenaKu.IDDishub KBB (Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat) tengah mewacanakan usulan pembukaan trayek baru Sindangkerta-Jatinangor via Tol Soroja kepada Dishub Provinsi Jawa Barat.

Rencana tersebut berasal dari banyaknya pelajar dari wilayah selatannya Bandung Barat yang menuntut ilmu ke beberapa perguruan tinggi di Jatinangor.

Kepala Dishub KBB, Lukmanul Hakim menyatakan, pembukaan trayek baru Sindangkerta – Jatinangor tersebut baru sekadar wacana.

Menurutnya, pembukaan trayek tersebut perlu adanya berbagai analisis dan kajian yang matang terhadap berbagai risiko yang ada.

“Itu baru wacana, namun kita akan buatkan rencana. Jadi, jalan wilayah selatan itu sedang ditingkatkan agar lebih baik, ketika itu sudah selesai, sarana transportasi perlu diupdate,” kata Lukman saat dihubungi, Senin (11/10/2021).

Ia menerangkan, Dishub KBB telah berkomunikasi dengan Plt Bupati Bandung Barat dan sesuai arahannya, pihaknya diminta membuat analisis serta kajian terlebih dahulu.

“Jadi gak serta-merta langsung bisa ditindaklanjuti. Perlu ada analisis, pengkajian secara mendalam terhadap berbagai dampak yang akan ditimbulkan ketika wacana trayek baru dari selatan ini direalisasikan,” terangnya.

Dishub KBB Bakal Buka lelang

Ia menjelaskan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Pertama, mengapa harus ada penambahan trayek. Selanjutnya, sambung dia, baru melakukan penetapan.

“Ketika sudah ditetapkan kita akan lelangkan. Jadi, tidak ada perusahaan mana pun yang mendominasi. Siapa yang sanggup silahkan dikerjakan,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, pihaknya berkeinginan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa di wilayah selatannya Bandung Barat pun banyak destinasi wisata.

“Itu bisa jadi media bagi masyarakat umum yang tidak memiliki kendaraan pribadi yang ingin berwisata. Serta, bagi yang sengaja ingin menggunakan kendaraan umum untuk wisata ke wilayah selatan,” pungkasnya.

**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button