PenaPolitik
Trending

5 Partai Berkoalisi untuk Bandung Barat Maju

Koalisi lima parpol Bandung Barat ini akan melakukan komunikasi yang lebih intensif lagi untuk menentukan calon bupati/wakil bupati hasil seleksi masing-masing parpol

PenaKu.ID – Lima partai politik (parpol) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi berkoalisi, menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada November tahun 2024 mendatang.

Kelima partai di KBB tersebut yakni, Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan NasDem.

Ratusan kader dari kelima parpol langsung menyaksikan Deklarasi Partai Koalisi Bandung Barat Maju yang diselenggarakan di Legenda Wisata Situ Ciburuy, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, KBB, Jawa Barat pada Rabu (19/6/24).

“Alhamdulillah, hari ini kita (lima parpol) melaksanakan deklarasi koalisi Bandung Barat Maju sebagai bagian ikhtiar kami dalam menghadapi kontetasi Pilkada di KBB,” kata Juru Bicara Koalisi Bandung Barat Maju, Dadan Sapardan usai deklarasi.

Pascadeklarasi, lebih lanjut dia, koalisi akan kembali berembug untuk menentukan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati KBB periode 2024-2029 yang akan diusung.

Koalisi ini tidak membuka lagi pendaftaran balon Bupati/Wakil Bupati KBB lantaran masing-masing parpol tersebut telah melakukan seleksi.

“Jadi koalisi tidak lagi membuka pendaftaran, karena kita yakin dan percaya dengan membukanya pendaftaran partai yang tergabung dalam koalisi akan melahitkan calon yang baik serta melahirkan kader partai yang baik juga,” ujar Dadan.

Malahan, koalisi lima parpol Bandung Barat ini akan melakukan komunikasi yang lebih intensif lagi untuk menentukan calon bupati/wakil bupati hasil seleksi masing-masing parpol tersebut.

“Terkait hasil seleksi dari masing-masing partai nanti akan dibawa ke dalam diskusi koalisi,” paparnya.

Apa Misi Deklarasi Koalisi Bandung Barat Maju

Dadan pun menjelaskan, dibentuknya koalisi partai tersebut sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan cita-cita pemeliharaan Kabupaten Bandung Barat.

Dirinya meyakini bahwa koalisi ini dapat mewujudkan cita-cita tersebut dengan mengusung calon bupati dan wakil bupati pilihan mereka.

“Semua partai (koalisi) sudah mempersiapkan (jagoannya). Karena partai pastinya sudah memiliki target bahwa dalam pilkada KBB kita ingin menang dan jadi,” jelasnya.

Menurutnya, untuk meraih kemenangan tersebut tentu saja ada barometer yang akan dijadikan patokan buat pengusungan jagoan koalisi.

“Tentu saja, barometernya adalah hasil survei yang akan kami lakukan. Inti poinnya bagaimana calon tersebut memiliki elektabilitas, popularitas di masyarakat,” pungkasnya.

Deklarasi Koalisi Partai Bandung Barat Maju digaungkan oleh Ketua DPC Partai Gerindra KBB, Pipih Supriati, Ketua DPD Golkar KBB, Dadan Supardan, Ketua DPC PKB, Asep Dedi, Ketua DPD PAN KBB, Asep Bayu dan Serkretaris DPC Partai Nasdem, Iwan Setiawan.

***

Related Articles

Back to top button