PenaPeristiwa

Tiga Desa Terdampak Puting Beliung di Karawang

PenaKu.ID – Hujan deras mengguyur wilayah Kotabaru, kabupaten Karawang,  Jawa Barat disertai dengan terjangan angin puting beliung yang meporak-porandakan sebagian rumah warga di tiga desa di Kecamatan kota baru pada sabtu (30/10) kemarin.

Data yang berhasil dihimpun, kerusakan sejumlah rumah dan wilayah terdampak meliputi: Dusun Bakan Tambun, Desa Pucung, sebanyak 16 rumah mengalami rusak; 3 rusak sedang dan 13 rusak ringan. Di Dusun Kamisah, Desa Pangulah Utara, sebanyak 9 rumah mengalami rusak; 6 rusak sedang dan 3 rusak ringan, serta di Perum Pelangi Regency Desa Pangulah Selatan, sebanyak 24 rumah mengalami rusak; 18 rusak sedang dan 6 rusak ringan.

Beruntung bencana alam tersebut tidak sampai merenggut korban jiwa, terutama pada pada warga yang rumahnya terdampak. Namun, Dipastikan kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah.

Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.H., M.Si. saat melakukan peninjauan ke lokasi pada Minggu (31/1) yang sekaligus memberikan bantuan sosial bagi warga terdampak mengatakan prihatin atas kejadian tersebut.

”Alhamudillah musibah angin puting beliung di Kecamatan Kotabaru ini tidak ada korban jiwa namun ada beberapa atap rumah warga yang rusak,” kata Rama di lokasi, yang juga didampingi Dandim 0604. Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, M.Msc dan Kepala BPBD Kab. Karawang, Minggu (31/1).

Ia pun meminta kepada masyarakat agar selalu waspada menyikapi perkembangan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini di wilayah tersebut.

“Hati-hati dan waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem saat ini, selain waspada pandemi covid-19 namun juga dengan  cuaca tidak menentu saat ini,” pesan Kapolres.

Diketahui, Kapolres melakukan peninjauan ke lokasi terdampak di Dusun Bakan Tambun, Desa Pucung, RT 03/ 07, dan Dusun Kamisah, RT 01/01, Desa Pangulah Utara, Kec. Kotabaru, Kab Karawang dan Perum Pelangi Regency Jl. Arwiga Raya Desa Pangulah Selatan, Kec. Kotabaru, Kab. Karawang.

Dalam peninjauan itu, Kapolres juga didampingi beberapa pejabat setempat, seperti Camat Kotabaru, Drs. Dedi Setiadi, Danramil Cikampek, Kapten Inf Joko Siswoyo, Kapolsek Kotabaru, Iptu Tata Suhendar, S.H., Kepala Desa Pucung, Hj. Euis Kuraisin dan Kepala Desa Pangulah Utara, Darwin.

Reporter: Amad Z

Editor: CDR

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button