PenaPeristiwa
Trending

Tercatat 26 Desa di 6 Kecamatan di Bandung Barat Blank Spot

PenaKu.ID – Pada jaman digitalisasi seperti sekarang ini ternyata masih banyak Pedesaan Kabupaten Bandung Barat yang belum terjangkau dengan jaringan seluler terutama wilayah selatan Bandung Barat.

Padahal, layanan internet saat ini adalah salah satu kebutuhan sehari-hari yang sangat diperlukan oleh semua kalangan masyarakat, baik itu di kalangan pedesaan maupun perkotaan.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi (Kasi) Infrastruktur dan Teknologi Bidang Aptika pada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) KBB, Tedy Yulianto mengatakan, sebetulnya di KBB itu masih banyak wilayah yang belum terjangkau internet.

“Tidak terjangkaunya internet itu akibat tidak tercover oleh penyedia jasa telekomunikasi,” ujar Tedy kepada Penaku ID, Senin (12/4/21).

Ia mencatat, sebanyak 26 desa di 6 kecamatan wilayah KBB, masuk dalam zona tidak terjangkau jaringan internet atau jaringan seluler.

Baca Juga:

Sebelumnya, pihaknya sudah berupaya mengajukan tower jaringan kepada Kementrian Komuniksi Informatika pada tahun 2020 lalu.

“Dari pengajuan itu yang di acc hanya dua desa, karena dua desa itu sama sekali tidak ada jaringan seluler dan bantuan itu langsung dari Kementrian Kominfo RI, belum dieksekusi baru disurvei oleh Telkom,” papar dia.

Kendati begitu, untuk mengisi kekurangan tower di wilayah Bandung Barat, pihaknya berinisiatif mengajukan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), kepada dan Kementrian Komunikasi Informatika untuk mengcover daerah blank spot.

Di tengah pandemi seperti saat ini, dirinya tak menampik jika jaringan seluler sangat dibutuhkan oleh masyarakat terlebih bagi para pelajar yang harus mengikuti sistem pembelajaran daring.

“Apalagi sekarang di masa pandemi, anak-anak sekolah sangat butuh akses internet seperti; untuk materi pembelajaran, memakai zoom dan; segala macem yang berhubungan dengan internet,” tandasnya.

**CepDar

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button