Tauhid Soleman Dari Lurah Menuju Wali Kota Ternate

M Taihid Soleman

PenaKu.ID – Salah satu figur yang dinantikan warga Ternate untuk membuat perubahan menuju Kota Ternate yang lebih baik, adalah Dr M. Tauhid Soleman. S,Ip,.M.Si.

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate dua periode itu, merupakan putra asli Ternate (Gam Madihutu) yang lahir dan besar di Malayo Cim (Kampong Makassar-red).

Tauhid pernah menempuh pendidikan di STPDN Tahun 1992 Sumedang Angkatan I dan meraih gelar S1 di Institut Ilmu Pemerintahan Jakarta tahun 1998.

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam hidupnya. Dia kemudian melanjutkan studi Magister Ilmu Sosial di Universitas Padjajaran Bandung Tahun 2002, dan berhasil meraih gelar Doktor pada Program Studi Ilmu Manajemen UMI Makassar tahun 2017.

Sejak awal Tauhid memang berniat menjadi seorang profesional, yakni, seorang birokrasi. Dengan perjuangan yang dilalui, Tauhid dipercaya menjabat sebagai orang nomor tiga di jajaran Pemerintah Kota Ternate, selama hampir dua periode.

Putera dari pasangan Amir Hj. Soleman dan Suryati Tjan, mengawali karirnya sebagai birokrat dari level paling bawah.

Karier Tauhid di birokrasi diawali dengan menjabat sebagai Lurah Gamalama tahun 1995. Karena dedikasi dan kinerja yang terus meningkat, Tauhid dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Wilayah (Sekwil) Ternate Selatan tahun 1999 setelah itu menajabat Sekretaris Kecamatan Ternate Selatan Tahun 2003, lalu diangkat menjadi Camat Ternate Selatan Tahun 2005. 

Prestasi dan komitmen yang tinggi, seiring waktu, karirnya semakin melejit. Berbagai jabatan pernah diemban Tauhid, diantaranya, Kapela Bagian Pemerintahan Setda Kota Ternate tahun 2007, Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat tahun 2007, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat tahun 2007, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) tahun 2011 dan Sekretaris Daerah Kota Ternate tahun 2014 hingga tahun 2019.

Pencapain jenjang karir yang meroket, digeluti Tauhid tidak dengan cara instan atau karena memiliki koneksi. Berbagai problem yang dihadapi mampu diselesaikan dengan baik dan profesional.

Hal ini, karena Tauhid bercita-cita menjadi seorang profesional yang agamais, sehingga berbagai tantangan dan rintangan dapat dilalui dengan baik.

Dengan segudang pengalaman di birokrasi selama puluhan tahun, gebrakan dan inovasi M Tauhid Soleman tentunya dinantikan masyarakat Kota Ternate.

Dengan segudang pengalaman yang dimiliki, mulai dari Lurah hingga jabatan tertinggi seorang birokrat (Sekda) serta angkatan pertama STPDN, Tauhid bertekad untuk ikut bertarung sebagai Wali Kota Ternate, pada perhelatan Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Dengan dukungan dua partai besar (NasDem dan PKB) serta satu partai non parlemen (partai Garuda), Tauhid bertekad membangun Ternate dengan tulus.

Meski sebagai newcomer di dunia politik, M Tauhid Soleman yang didampingi ketua DPW PKB Maluku Utara, Jasri Usman dengan slogan “TULUS bersama rakyat” siap membangun Ternate lebih berkembang lagi.

Optimisme pasangan calon dengan tagline TULUS itu semakin kuat ditambah dukungan dari dua partai besar dan satu partai non parlemen (Nasdem-PKB-Garuda) tentunya membuat TULUS semakin yakin memenangkan pertarungan di Pilkada akhir tahun ini.

Meski sebagai pendatang baru di dunia politik, Tauhid dilatih untuk tidak memiliki mental pesimistis, namun justru dengan mental korsa saat menjadi Perwira Muda TNI-AD dengan pangkat Letnan Dua saat mengikuti wajib militer, Tauhid semakin yakin bersama masyarakat Ternate, mewujudkan Ternate yang lebih baik.

Tentunya semangat optimis saat ini mengalir dalam dirinya dan yakin bahwa “usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil” 

M Tauhid Soleman

(Gibran)

Leave a Reply

Your email address will not be published.