PenaRagam

Petugas Temukan Handphone Saat Geledah Kamar Napi di Lapas Ternate

PenaKu.ID – Pasca penangkapan seorang narapidana (napi) pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ternate, beberapa waktu lalu, petugas Lapas langsung melakukan razia di kamar hunian napi di Lapas Ternate, pada Rabu (3/2/2021).

Dalam razia yang dilakukan secara mendadak itu, petugas berhasil menemukan sejumlah barang yang tidak bisa dimiliki napi.

Kepala Lapas (Kalapas) Ternate, Maman Hermawan, membenarkan pelaksanaan razia oleh petugas di kamar-kamar hunian napi di Lapas Ternate.

Kata dia, dalam razia tersebut, petugas menemukan dua unit telepon genggam (handphone) serta sendok dan kabel listrik di dalam kamar hunian napi.

“Iya betul, tadi ada razia oleh petugas Lapas Ternate ke kamar hunian masing-masing narapidana dan menemukan handphone beserta beberapa peralatan lainya,” kata Maman, Rabu (3/2/2021).

Menurutnya, razia ini sebagai upaya untuk mendeteksi peredaran narkoba yang sering melibatkan warga binaan Lapas Ternate.

“Petugas menyisir ke blok E mulai dari kamar 01 dengan penghuni sebanyak 20 orang napi dan kamar 02 dengan jumlah penghuni sebanyak 20 orang napi,” tukas Maman.

Dalam razia ini, lanjut dia, petugas berhasil menemukan sendok, dua unit handphone dan 1 rol kabel listrik. “razia pada dua kamar tersebut kami berhasil sejumlah barang yang dilarang, di kamar 01 ada 1 buah sendok dan di kamar 02 ditemukan 2 buah hp beserta 1 gulungan kabel,” terangnya.

Meski demikian, lanjut dia, tak ada seorangpun napi yang mengaku sebagai pemilik barang-barang yang ditemukan petugas saat razia.

Atas temuan itu, petugas langsung mengamankan barang-barang tersebut, sebab tidak diwajibkan dimiliki oleh napi.

Dia menegaskan, petugas akan terus meningkatkan razia di masing-masing kamar napi, untuk mencegah hal-hal yang tidak.diinginkan.

“Kita akan terus tingkatkan razia di kamar hunian narapidana khsusnya di Lapas Ternate,” tutup Maman.

(Gibran)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button