oleh

SYUKURAN NELAYAN PALABUHANRATU KE 59 DPC HNSI : Pemerintah Selaku Pemangku Kebijakan Bisa Menerbitkan Regulasi Yang Berpihak Terhadap Nelayan

Palabuhanratu, LabakiNews.id –

Ratusan nelayan di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) menggelar Festival Hari Nelayan ke -59 , di Alun alun Setda Kabupaten Sukabumi, Sabtu (06/04/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut Anggota Komisi X DPR RI Dr. Hj. Reni Marlinawati, Ketua DPRD Kab. Sukabumi, Kapolres Sukabumi, Dandim 0622 Sukabumi serta Perwakilan Forkominda, Kepala Perangkat Daerah terkait dan undangan lainnya.

Bupati menyampaikan, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang sangat besar untuk terus dikembangkan, pengelolaan potensi tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan upaya pengelolaan kawasan minapolitan pada zona inti serta zona pendukung sebagaimana Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Ketua DPC HNSI Kabupaten Sukabumi, Dede Ola mengatakan tradisi turun-temurun syukuran nelayan di wilayah pesisir selatan Sukabumi ini tak bisa dilupakan begitu saja. Apalagi Hari Nelayan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan di Kabupaten Sukabumi khususnya di Palabuhanratu.

“ Hari ini seluruh nelayan Palabuhanratu bersatu untuk mengadakan acara syukuran. Acara sakral tahunan ini sudah merupakan tradisi turun-temurun. Ini bentuk rasa syukur karena hasil tangkapan ikan yang selalu melimpah setiap melaut bisa menghidupi para nelayan dan keluarganya, “
terangnya.

Ia menambahkan Perairan palabuhanratu saat ini menjadi salah satu perairan yang kaya akan biota jenis Lobster, namun sampai saat ini tidak pernah ada musim panen lobster, meskipun bibit lobster banyak sekali ditemukan di perairan Palabuhanratu.

Ia berharap pihak pemerintah bisa lebih peduli terhadap nelayan, terutama selaku pemangku kebijakan dengan menerbitkan regulasi yang berpihak terhadap nelayan. agar potensi yang bernilai ekonomi tinggi ini dapat mensejahterakan
masyarakat nelayan, bukan malah menjadi konflik dan persoalan.

” Kami sangat mengapresiasi pemerintah pusat yang berrencana menerbitkan regulasi tentang budidaya lobster yang pada tanggal 19 maret 2019 dibahas dan menjadi topik rapat di kementrian bidang kemaritiman, meskipun baru rencana, tapi kami sangat berharap rencana ini menjadi kenyataan, ” harapnya.

Sementara itu, Reni Marlinawati berharap warga Kabupaten Sukabumi bersiap dan berbenah diri menyambut para pelancong yang akan mendatangi sejumlah wisata di Sukabumi.

“Siapkan segala sesuatunya, mentalnya, infrastrukturnya karena Sukabumi hari ini jadi destinasi wisata andalan di Jawa barat, apalagi dengan hadirnya wisata geologi, Geopark Ciletuh,” kata Reni.

( asep )

Komentar

News Feed