oleh

Sosialisasi Penggunaan TTE Pada Adminduk Untuk Petugas Registrasi Desa

Kab. Sukabumi, LabakiNews.id –

Iwan Moch Hilwan Petugas Registrasi Desa(PRD) Karang Tengah Cibadak Kabupaten Sukabumi diruangan kerjanya, Jumat ( 03/05/19) mengatakan bahwa ia kemarin ( 02/05/19) mendapat sosialisasi administrasi kependudukan ( adminduk) di hotel Pangrango kabupaten Sukabumi di Selabintana.

Sosialisasi itu dihadiri 381 PRD sekabupaten Sukabumi. Dalam sosialisasi itu diperkenalkan suatu terobosan baru berupa inovasi digitalisasi penggunaan tanda tangan elektronik ( TTE) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi.

Penyampaian informasi berupa sosialisasi TTE disampaikan langsung oleh Sopyan Efendi Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi sebagai nara sumber.

Iwan menyampaikan bahwa Kepala Disdukcapil mensosialisasikan mulai tahun 2019 memantapkan tata kelola kependudukan dan pencatatan sipil yang membahagiakan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital berupa tanda tangan elektronik.

Semua itu dilakukan sebagai wujud implementasi dari inovasi digital di Disdukcapil seluruh Indonesia terutama Disdukcapil Kabupaten Sukabumi dengan adanya Dukcapil Go Digital.

Proses dokumen kependudukan berupa Akta Lahir dan Kartu Keluarga akan ditandatangani secara elektronik berupa barcode sebagai pengganti tanda tangan Kepala Disdukcapil kabupaten Sukabumi.

Disdukcapil Kabupaten Sukabumi akan melayani masyarakat yang mengurus adminduk dengan pelayanan yang lebih cepat, tepat, mudah dan baik melalui TTE.

Dalam kondisi apapun dan dimanapun keberadaan Kepala Disdukcapil kabupaten Sukabumi dapat memberikan specimen dokumen kependudukan sehingga masyarakat pelanggan adminduk dapat terlayani dengan cepat, tepat, mudah dan baik.

Oleh karena itu didalam prakteknya digitalisasi berupa TTE akan menuju kepada pelayanan yang timeless, borderless dan paperless.

Minat masyarakat kabupaten Sukabumi untuk mengurus adminduk menurut Sopyan Effendi melalui PRD Iwan Moch Hilwan terus menunjukkan peningkatan.

Oleh karena itu, keberadaan PRD sebagai ujung tombak pelayanan adminduk di desanya dengan adanya TTE ini harus meningkatkan pelayanan yang maksimal.

Hal ini mengharuskan keberadaan PRD ditingkat desa begitu penting keberadaannya dalam membantu Disdukcapil dalam membantu proses pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil untuk memberikan data yang akurat dan terkini. Oleh sebab itu, keberadaan 381 PRD di kabupaten Sukabumi amat dibutuhkan sekali oleh Disdukcapil kabupaten Sukabumi.

PRD diberdayakan untuk membantu pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil didesanya masing masing. Kemudian data-datanya diberikan kepada Disdukcapil kabupaten Sukabumi.

(Siswandi hs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed