PenaPeristiwa
Trending

Sebanyak 16 Ribu KK Terendam Banjir di Kabupaten Bandung

PenaKu.ID – Banjir merendam ribuan rumah warga di kawasan Baleendah dan dayehkolot Kabupaten Bandung Jawa Barat Selasa pagi (25/5/2021).

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Bandung, sebanyak 16. 887 KK terdampak banjir ini.

Banjir terjadi akibat meningkatnya debit air setelah hujan mengguyur kawasan Kabupaten Bandung Jawa Barat sejak senin malam hingga selasa pagi. selain itu banjir juga terjadi akibat buruknya drainase di kawasan pemukiman warga dan meluapnya Sungai Citarum.

ketinggian banjir ini bervariatif, mulai dari 40 senti meter hingga 1 meter. Akibat banjir ini aktivitas warga terganggu, sementara beberapa ruas jalan juga lumpuh akibat terendam banjir. Selain itu sejumlah pertokoan juga tutup karena banjir masuk hingga ke dalam pertokoan.

Selain merendam pertokoan dan rumah warga, banjir ini juga merendam sejumlah fasilitas kesehatan sepeti klinik. Untuk dapat melintas warga menggunakan ojek delman. sementara beberapa warga lain harus menembus banjir dengan berjalan kaki.

Selain menyebabkan aktivitas warga terganggu banjir ini juga menyebabkan kemacetan di sejumlah tempat karena para pengendara menghindari banjir yang ada di wilayah Baleendah.

Baca juga:

Jumadi salah satu warga Baleendah mengatakan hujan terjadi sejak sore, dan hingga malam, banjir mulai terjadi sejak tengah malam.

“Hujan sejak sore, lanjut lagi malam sekitar jam 10-an, kalau banjir mulai tengah malam jam 12-an,” kata Jumadi di lokasi banjir Dayeuhkolot kepada media, Selasa (25/5/21).

Warga juga telah mempersiapkan diri, seperti meninggikan rumah, hingga membuat lantai dua sehingga banjir datang mereka bisa mengungsi ke lantai dua rumah mereka.

(SFL)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button