PenaRagam
Trending

Sampah Nyaris Menggunung, Beraroma Tak Sedap

tumpukan sampah di bantaran kali ciranjang dan kali cibiuk

PenaKu.IDSampah nyaris menggunung di Bantaran Kali Ciranjang dan Kali Cibiuk tepatnya di pinggir jalan alternatif yang berdekatan dengan Pabrik Jipang Kampung Cibogo, Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tak hanya itu, tumpukan sampah nyaris menggunung tersebut juga mengeluarkan bau tak sedap dan tak sedap pula jadi pemandanagan mata telanjang.

Sampah-sampah tersebut juga sekaligus mengganggu ketentraman di lingkungan sekitar.

Informasi dihimpu, kuat dugaan sampah rumahtangga itu bukan buangan dari warga setempat, melainkan buangan dari warga luar Kampung.

Sampah Nyaris Menggunung di Lahan Nurpah

“Karena sering kepergok membuang sampahnya dilempar dari motor atau dari mobil dan wajahnya tidak dikenalinya dan kalau warga setempat pasti bisa dikenali,” cetus Ade (65) yang rumahnya sejauh 50 meter dari tumpukan sampah kepada awak media, Rabu (14/7/21).

Ia meneruskan, lahan kosong yang dijadikan tempat pembuangan sampah itu milik Nurpah (60) warka Kecamatan Sukaluyu. Namun sayang lahannya tidak diusur, dibiarkan begitu saja hingga dijadikan tempat pembuangan sampah oleh oknum masyarat yang tidak bertanggung jawab dan mengganggu lingkungan sekitar.

Sementara itu, Kepala Desa Mekargalih Taryat Dibrata menambahkan, memang benar adanya bahwa sampah yang menumpuk di Jalan Alternatif Pabrik Jipang Kampung Cibogo itu membuat jengkel pihaknya.

Karena selain bau tak sedap juga membawa negatif untuk penduduk setempat dan pengguna jalan.

Padahal, kata Taryat, upaya untuk membersihkan telah beberapa kali dilakukan pihak Desa Mekargalih dan Pihak Koramil Ciranjang.

Namun, nyatanya selang satu pekan sampah sudah menumpuk kembali di tempat tersebut. Hal itu terjadi karena di wilayah Desa Mekargalih belum memiliki Tempat Tembuangan Sampah (TPS) dan kurang sadarnya masyarakat cara membuang sampah dengan benar.

“Diharapkan pada Pemkab Cianjur segera menambah armada untuk pengangkut sampah dan ke depannya akan mampu bekerja sama dengan masyarakat yang ada di setiap desa, khusnya warga Desa Mekargalih,” pungkas Kades.

(a_sam)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button