PenaPendidikan
Trending

PTM di Cimahi Sejak 2 Pekan Berjalan Lancar

Dinsdik Kota Cimahi Wacana Tambah Durasi

PenaKu.IDPTM di Cimahi (pembelajaran tatap muka) terbilang relatif berjalan lancar dan tak ditemukan siswa yang bolos ke sekolah.

Demikian diungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono kepada media Senin (20/9/21).

PTM di Cimahi sudah berjalan sejak dua pekan ke belakang dimulai dari tingkat taman kanak-kanak (TK), SD dan SMP se-Kota Cimahi. Semangat siswa belajar pun masih terpancar.

Tak hanya itu, Dikatakan Harjono, tingkat kehadiran siswa juga meningkat di pekan kedua ini.

“Dari setiap sekolah kehadiran relatif ada 1-2 anak yang tidak masuk sekolah dengan alasan izin atau sakit,” ujarHarjono.

Melihat kondisi itu, Harjono mewacanakan untuk menambah timing atau waktu belajar. Sebelumnya waktu belajar untuk siswa TK dan SMP digelar 3 hari dalam sepekan, yaitu Senin, Rabu dan Jumat.

Sementara untuk siswa SD digelar Selasa, Kamis dan Sabtu. Namun, lanjut Harjono,penambahan durasi tersebut setelah melakukan evaluasi pada bulan September ini.

Saat ini siswa TK dan PAUD di Kota Cimahi belajar selama 120 menit, siswa SD selama 180 menit, sedangakan untuk SMP 240 menit.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan pembagian tingkat kelas. Utuk SMP kelas VII dijadwalakan belajar pada hari Senin, kelas VIII hari Rabu dan kelas IX hari Jumat.

Untuk SD kelas I dan IV belajar pada hari Selasa, kelas II dan V belajar pada hari Kamis, kelas III dan VI PTM digelar Sabtu.

PTM di Cimahi Dievaluasi

“Nanti kita evaluasi agar PTM setiap hari. Kemudian jam-nya juga akan diatur, ditambah lagi pada bulan November,” tutunya.

Keputusan penambahan waktu belajar tersebut merujuk pula pada hasil swab test yang sudah dilakukan dari tiap sekolah. Ia mengatakan hingga 18 September 2021 terdapat 14 sekolahan yang belum menyerahkan google form hasil swab test COVID-19.

“Kalau yang sudah melaporkan semuanya hasilnya negatif baik guru maupun siswa alhamdulillah tidak ada yang kena COVID-19,” ujar Harjono.

PTM di Cimahi sejalan dengan kegiatan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) dan pelaksanaan kompetisi sains nasional (KSN) untuk tingkat SD.

“Ada juga beberapa sekolah SMP yang sudah melaksanakan PTS minggu ini sampai minggu depan. Minggu kedua bulan Oktober sudah mulai asessmen nasional,” kata dia.

Diketahui, PTM di Kota Cimahi digelar seiring kasus COVID-19 mengalami penurunan dan Kota Cimahi berada di PPKM Level 2.

Kontr: Bagja

Editors: ay

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button