Penaku.ID – Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung meminta agar Perumda Tirtawening Kota Bandung meningkatkan pelayanan masyarakat, terutama soal kebutuhan air bersih.
Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Drs. Riana mengatakan bahwa masih banyak keluhan masyarakat di lapangan terkait pelayanan air bersih Perumda Tirtawening.
“Kita melihat bagaimana kondisi masyarakat akan keluhan kebutuhan air bersih. Ini harus ada inovasi dari Perumda Tirtawening terkait masalah ini,” ujarnya, pada rapat kerja Komisi C DPRD Kota Bandung dan Perumda Tirtawening di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).
Rapat kerja tersebut membahas Program Kerja Triwulan I & II TA 2021 Perumda Tirtawening.
Menurut dia, dengan masih banyaknya keluhan tersebut, maka banyak warga yang memilih untuk membuat sumur bor. Padahal, setiap warga merupakan potensi pelanggan bagi Perumda Tirtawening.
“Ketika sumur bor ini digunakan oleh satu RT dengan 30 Kepala Keluarga, maka ini berpotensi menjadi pelanggan air bersih Perumda Tirtawening,” ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung, Folmer Siswanto M. Silalahi, ST menjelaskan bahwa semangat dari Perumda di Kota Bandung adalah pelayanan masyarakat.
“Semangatnya dari Perumda adalah pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat Kota Bandung sangat berharap kepada Perumda Tirtawening untuk urusan air bersih maupun pengelolaan air limbah,” katanya.
Oleh karena itu, pelayanan masyarakat harus ditingkatkan agar tidak ada lagi keluhan dari publik. Termasuk persoalan aset dan infrastruktur yang merupakan bagian dari mendukung pelayanan tersebut.
“Jadi tidak semata-mata mengejar profit, tapi lebih mengutamakan kepada pelayanan masyarakat, dalam hal ini air bersih maupun pengelolaan air limbah,” ujarnya.
(Dp)