PenaKu.ID

Nelayan Lihat Sriwijaya Air Jatuh

PenaKu.ID – Para penalayan yang pada saat itu mengatakan sempat melihat sebuah pesawat terbang Sriwijaya Air jatuh ke perarairan di Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1).

Sejumlah barang pun ditemukan terapung di laut setelah kabar pesawat Sriwjaya Air hilang kontak.

Melansir siberindo, Pesawat Boeing 737-500 Sriwijaya Air PK-CLC hilang kontak dalam penerbangan Jakarta-Pontianak. Pesawat tersebut hilang kontak di daerah Kepulauan Seribu, Jakarta.

“Hilang kontak di sekitar Tanjung Pasir Pulau Lancang,” kata Manajer Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar, Sabtu (9/1/2021).

Dia mengatakan pesawat dengan nomor penerbangan SJY 182 itu terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Surachman Kasi Pemerintahan Kecamatan Kepulauan Seribu, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, mengatakan itu dalan wawancara telepon dengan Kompas TV.

Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak diketahui hilang kontak sebagaimana diungkapkan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati.

Dia menyatakan pesawat Sriwijaya Air itu kehilangan kontak pada pukul 14.40 WIB.

“Terjadi lost contact pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan call sign SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB,” kata Adita, Sabtu (9/1/2021).

Adita mengatakan, saat ini masih berjalan proses investigasi.

Kementerian juga sedang berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) serta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Kami akan menyampaikan informasi lebih lanjut jika sudah ada perkembangan lain,” ujar dia.

Sementara itu, tim SAR Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, diberangkatkan ke Laut Jawa untuk menyisir rute Pesawat Sriwijaya Air yang dilaporkan hilang kontak.

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, M Fazzli mengatakan, tim SAR bergerak menuju Laut Jawa menggunakan kapal cepat jelajah KN Karna.

“Tim menggunakan KN Karna bergerak menuju Laut Jawa,” kata Fazzli.

Tim SAR sejauh ini belum bisa memastikan kondisi terakhir pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak tersebut.

Informasi yang diterima tim SAR menyebutkan, pesawat dengan nomor penerbangan SJY182 hilang kontak di posisi 11 Nm north CGK pada pukul 07.40 UTC ketinggian passing 11.000 feet on climb to 13.000 feet.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) tengah bertolak ke titik koordinat hilangnya kontak pesawat tersebut.

Pijal Kemenhub pun masih terus berkoordinasi dan mencari pesawat tersebut.

Berdasarkan pantauan di Flight Radar, posisi terakhir pesawat di perairan utara Jakarta.


**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button