Meski Pandemi MPLS Tetap Jalan, tapi Daring

Wali kota bandung m oded danial saat ikuti mpls daring

PenaKu.ID – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menganggap Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sangat penting untuk memperkenalkan lingkungan sekolah baru kepada peserta didik. Periode pengenalan bisa menjadi persediaan selama masa belajar di sekolah.

“Pengenalan lingkungan baru akan sangat mempengaruhi perkembangan psikologis peserta didik baru, dalam menjalani kegiatan pembelajaran nanti,” kata walikota pada pembukaan MPLS di jaringan (online) Kota Bandung di Balaikota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Senin, 13 Juli 2020.

Pembukaan MPLS disiarkan langsung melalui saluran Youtube Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung. Pada saat siaran ada sekitar 128.000 pengunjung mengaksesnya.

Walikota mendesak agar pelaksanaan pendidikan untuk peserta didik harus dilanjutkan meskipun Covid-19 pecah. Meski online, MPLS harus tetap berjalan.

“MPLS tahun ini diimplementasikan secara online atau virtual, dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19, terutama di kalangan pelajar,” katanya.

Walikota berharap bahwa penerapan MPLS online tidak akan mengurangi esensi dari proses pengenalan lingkungan baru untuk pelajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar memastikan, selama Adaptasi Baru (AKB) pembelajaran bagi peserta didik akan berlanjut. Semua diimplementasikan tanpa tatap muka atau online.

“Keselamatan siswa adalah prioritas utama saat ini,” katanya.

Mulai tahun ajaran baru, ini memberi siswa kesempatan untuk mengikuti MPLS yang dilakukan secara online. Kegiatan MPLS tahun ini dilaksanakan hingga Rabu 15 Juli
2020.

“Tema besar kegiatan MPLS adalah menggali kebaikan dan potensi diri secara maksimal dari rumah,” katanya.

Pada acara tersebut, Walikota Bandung secara simbolis menyerahkan honorarium peningkatan kualitas kepada para pendidik dan tenaga kependidikan non-ASN pada tingkat anak usia dini hingga sekolah menengah pertama.

Selanjutnya, Walikota Bandung juga menyerahkan bantuan sosial kepada Values ​​Continuing Education (RMP) dan penerima beasiswa siswa.


(Dp/hm)

Leave a Reply

Your email address will not be published.