PenaRagam
Trending

Lahirkan Programmer Andal Melalui Candradimuka Jabar Coding Camp 2021

Programmer Andal

PenaKu.ID — Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggagas program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 untuk melahirkan programmer andal. Antusiasme pemuda Jabar untuk menjadi programmer tergolong tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 yang mencapai 9.161 orang per Kamis (5/8/2021).

Kepala Dinas dan Informatika (Diskominfo) Jabar Setiaji menuturkan, ada sejumlah hal yang melatarbelakangi program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021. Pertama, tingkat pengangguran terbuka (TPT). Menurutnya, lulusan SMK menjadi penyumbang TPT tertinggi di Jabar.

“Kedua, bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menyerap banyak tenaga kerja. Tapi, situasi tersebut tidak disertai dengan jumlah programmer yang andal di Indonesia. Latar belakang selanjutnya adalah kemampuan coding memiliki daya tawar tinggi di dunia kerja,” kata Setiaji di Kota Bandung, Jumat (6/8/2021).

Adapun persyaratan untuk mengikuti Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 yakni Warga Negara Indonesia, diutaman berdomisili di Jabar, lulusan SMA/SMK, Diploma/S1, atau mahasiswa tingkat akhir, berusia 17-25 tahun bagi lulusan SMA/SMK, berusia 17-30 tahun bagi mahasiswa/lulusan S1.
Selain itu, pendaftar harus bersedia melakukan seluruh rangkaian kegiatan secara full time selama enam bulan, tidak sedang terikat dengan kewajiban bekerja full time di institusi lain, dan tidak dalam masa sekolah atau kuliah kecuali bagi peserta mahasiswa tingkat akhir.

Persyaratan Candradimuka Jabar Coding Camp 2021

“Pendaftar juga mesti memiliki ketertarikan di bidang teknologi khususnya programming, punya kemampuan logika dasar, dan memiliki determinasi tinggi untuk maju. Program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 diutamakan bagi yatim/piatu atau berasal dari keluarga prasejahtera,” kata Setiaji.

Menurut Setiaji, Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 batch pertama akan merekrut 1.020 peserta. Rinciannya, 20 peserta terbaik akan mendapatkan program super intensive camp secara offline. Sedangkan, 1.000 peserta lainnya mengikuti pelatihan secara online.

“Para peserta akan mendapat pelatihan coding atau programming gratis, komprehensif, dan intensif. Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 menjadi sarana untuk melahirkan talenta berkualitas dan siap kerja. Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 juga merupakan perwujudan dari visi Jabar sebagai Provinsi Digital,” katanya.

“Setelah mengikuti camp, peserta bakal mendapatkan sertifikasi keahlian dan akses lapangan kerja, baik di Pemda Provinsi Jabar, start up lokal, maupun unicorn,” imbuhnya.

(Dws)

Related Articles

23 Comments

  1. Howdy, i read your blog from time to time and i own a similar one and i was just curious if you get a lot of spam responses? If so how do you prevent it, any plugin or anything you can recommend? I get so much lately it’s driving me crazy so any support is very much appreciated.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button