PenaPolitik
Trending

Komisi III DPR RI Minta Polri Netral dalam Pemilu 2024

Anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Al Habsyi menuturkan mekanisme satuan di internal Polri harus berjalan untuk menjaga setiap anggota menjalankan tugasnya dengan baik

PenaKu.IDKomisi III DPR RI melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri), salah satunya membahas soal persiapan Korps Bhayangkara dalam rangka pengamanan gelaran Pemilu 2024.

Demikian disampaikan Anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Al Habsyi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (15/11/2023) di sela Raker Komisi III DPR RI dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo beserta jajarannya.

Raker menjelang gelaran Pemilu 2024 ini, menurut pria yang akrab disapa Habib Aboe ini, sangat penting karena akhir bulan ini sudah masuk dalam tahap kampanye. Tentunya Komisi III DPR RI perlu memastikan situasi pemilu yang aman dan damai.

“Dari paparan rapat kita melihat Polri sudah cukup siap untuk mengamankan Pemiluu 2024 nanti,” ujar Habib Aboe yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (Sekjen PKS) tersebut.

Bahkan dalam Raker Komisi III DPR RI dengan Kapolri ini, Habib Aboe memberikan catatan, aspek paling penting buat Polri adalah untuk menjaga netralitas. Mengingat, Polri ini organisasi yang besar dan punya banyak kewenangan.

“Sebab bisa jadi banyak pihak yang tergoda untuk menggunakan Polri sebagai alat untuk mendukung pemenangan mereka,” sebut mantan Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI tersebut.

Anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Al Habsyi Sebut Polri Galau

Apalagi kemarin, beber Habib Abie, sudah ada yang menyampaikan bahwa aparat di bawah ada yang ‘galau’. Karena ada tekanan-tekanan untuk memenangkan pasangan calon presiden (capres) tertentu di Pilpres 2024 nanti.

“Hal ini sedang viral dan menjadi atensi publik. Tentunya hal seperti ini tidak boleh terjadi, Kapolri harus bisa mengkonsolidasikan jajarannya agar tetap independen dan netral,” imbuhnya lagi.

Lanjut Habib Aboe, mekanisme satuan di internal Polri harus berjalan untuk menjaga setiap anggota menjalankan tugasnya dengan baik. Jangan sampai ada anggota yang tengok kanan dan tengok kiri.

“Saya kira ini akan menjadi tantangan buat Polri di pemilihan umum,” tegas Habib Aboe yang menutup pernyataannya dengan sebuah pantun ‘Pulang memancing membawa sepat, Janganlah salah memancing buaya, Kita dukung polri semakin kuat, Jaga netralitas saat pemilu raya’.

***

Related Articles

Back to top button