PenaKesehatan

DPRD Kota Bandung: Gelar Sweb Tes, Cegah Corona

PenaKu ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung menggelar swab test (Tes Usap) bagi Anggota DPRD dan staf di Gedung DPRD Kota Bandung Jalan Sukabumi no 30 Bandung, Senin (18/1/2021). Hal tersebut, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan dewan.

Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung, Achmad Nugraha mengatakan, lingkungan DPRD Kota Bandung telah terpapar Covid-19, sehingga dengan swab test diharapkan memutus penyebaran virus tersebut.

“Ini bukan yang pertama, tapi suspect Covid-19 sudah ada di DPRD Kota Bandung. Jadi ini kewajiban kita mengantisipasi,” ungkapnya seusai swab test.

Menurutnya kondisi Ketua DPRD Tedy Rusmawan, Anggota DPRD Agus Andi Setyawan dan Sekretaris DPRD Kota Bandung, M. Salman Fauzi yang terkonfirmasi positif Covid-19 berangsur membaik dan sehat.

Dikatakan Achmad Nugraha, kendati dalam kondisi tersebut, tugas dan tupoksi DPRD Kota Bandung tetap harus berjalan. Sehingga melalui swab test tersebut, selain mendeteksi penyebaran Covid-19 di lingkungan DPRD Kota Bandung, juga mengantisipasi penyebarannya.

“Jangan sampai anggota dewan yang menyebarkan sehingga harus mau mengikuti swab test. Kita harus tetap berpikir positif , saya sempat stress, tapi yang penting jaga imun dan kesehatan kita,” terangnya.

Diakuinya Achmad Nugraha, ketika dirinya terpapar dan melakukan isolasi mandiri, dia semakin memperkuat ibadah dan berdoa kepada Allah SWT. Selain memperkuat imun dan menghilangkan stress, juga terus berpikir positif.

Ia meminta masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 atau yang terkenal dengan istilah 3 M yakni selalu memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

“Kegiatan di DPRD masih dibatasi, termasuk kunjungan dari luar DPRD Kota Bandung,” katanya.

Plh. Sekretaris DPRD Kota Bandung, Eka Taofik Hidayat mengatakan, bagi yang telah mengikuti swab test tersebut, menunggu sekitar tiga hari untuk hasil test. Selain itu, diberlakukan 75 persen Work From Home (WFH) bagi para pegawai dan staf di DPRD Kota Bandung.

“Berdasarkan arahan pimpinan, sementara penerimaan tamu dari luar DPRD Kota Bandung ditangguhkan. Sedangkan yng mengikuti swab test hari ini, yang kontak erat,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya melakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan di lingkungan DPRD Kota Bandung. Termasuk diberhentikannya sementara kegiatan-kegiatan di Gedung DPRD Kota Bandung. “Mudah-mudahan tuntas dan rantai penyebaran Covid-19 bisa kita putus,” tambahnya.

(DP/HMS)

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button