PenaPemerintahan
Trending

Disdukcapil KBB Luncurkan Mesin ADM

PenaKu.IDDisdukcapil KBB (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat) resmi meluncurkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Kepala Disdukcapil KBB, Hendra Trismayadi menjelaskan, mesin ADM tersebut dapat mencetak KTP dan beberapa dokumen kependudukan lainnya secara langsung.

“Mesin ADM merupakan hadiah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, keberadaan mesin ini akan mempermudah masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan, seperti KTP-el, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak dan Kartu Keluarga,” kata Hendra di Padalarang, Selasa (24/8).

Ia mengatakan, penggunaan mesin ADM tersebut nantinya masyarakat bakal dipandu oleh petugas yang mengawasi dalam pencetakan dokumen kependudukan.

Disdukcapil KBB Keluarkan Barcode

Meski begitu, Hendra mengingatkan email yang digunakan harus email aktif. Karena, ketika memasukkan data secara online yang tersedia dalam mesin tersebut akan ada balasan ke email berupa barcode yang nantinya akan discan ke mesin ADM.

“Jadi nanti ada barcode, nah, melalui itu mesin ADM ini akan langsung mencetak kebutuhan masyarakat. Selain itu, masyarakat yang kehilangan KTP maupun administrasi kependudukan tak harus datang ke kantor cukup menggunakan mesin ADM. Tak butuh waktu lama, sekitar 10 menit KTP dan Adminduk lainnya sudah bisa dicetak,” jelasnya.

Ia merencanakan Disdukcapil KBB bakal menambah mesin ADM tahun ini di Kecamatan Lembang. Kemudian tahun berikutnya di Cililin.

Ia menambahkan, dengan adanya ADM ragam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) semakin mudah dan cepat. Ditargetkan pada tahun 2023 di seluruh kecamatan sudah ada mesin ADM.

“Untuk yang di Lembang dan Cililin kita pengadaan sendiri dengan mengunakan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah). Dipilih Lembang dan Cililin karena memang penduduknya cukup banyak,” pungkasnya.

(CDR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button