Direktur Buflo Melepas Exfort Dracaena ke Timur Tengah dan Rusia.

Selabintana, LabakiNews.id –

Dracaena atau suji merupakan tanaman yang bisa tumbuh di mana saja, baik di dataran rendah maupun tinggi. Selain bisa di bentuk berbagai macam, perawatannya pun tidak sulit. Karena tanaman ini bisa tumbuh baik menggunakan media tanah atau air.

Selain itu tanaman ini juga bisa ditempatkan di dalam ruangan maupun di luar. Tanaman dracaena harganya pun cukup bagus, tentu saja setelah dirangkai dengan bentuk yang indah, seperti yang dilakukan oleh Poktan Alamanda.

Demikian dikatakan Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, Dr. Liferdi , ketika melepas exfort tanaman dracaena ke negara Timur Tengah (Oman) dan Rusia, bertempat di Poktan Alamanda Selabintana Kabupaten Sukabumi. Jum’at, ( 02/08/2019).

“Kami bangga dengan Poktan Alamanda, karena konsisten untuk mengembangkan tanaman dracaena untuk tanaman exfort maupun lokal. Selain itu satu lagi yang menjadi kebanggaan kami adalah Poktan Alamanda dapat menyerap tenaga kerja disekitarnya untuk menjadi plasma. Sehingga masyarakat sekitar dapat meningkatkan perekonomiannya, tentu saja dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar. ” jelas Liferdi.

Kabid Hortikultura pada Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Dosen P Karmana menjelaskan, Poktan Alamanda adalah salah satu poktan yang bergerak di tanaman hias khususnya dracaena atau suji.

Dari hasil produksinya sekitar 80 persennya untuk di exfort dan sisanya untuk kebutuhan pasar lokal dan nasional. Tentu saja akan berdampak baik bagi perkembangan tanaman hias di Kabupaten Sukabumi.

“Dinas Pertanian, akan terus mensuport kepada Poktan Alamanda yang merupakan poktan yang berhasil. Sehingga apa yang diharapkan oleh Bapak Bupati, bahwa poktan harus berkembang, maju dan mandiri, sehingga dapat mensejahterakan anggotanya dan masyarakat sekitar ” ungkap Dosen.

Selain dari pada itu, masih menurut Dosen, kami terus berusaha untuk mengembangkan tanaman hias di Kabupaten Sukabumi dengan memperluas areal tanaman, memberikan bantuan bibit, memberikan pembinaan, penyuluhan kepada petani dan kelompoktani. Sehingga Kabupaten Sukabumi dapat sejajar dengan daerah lain tentang tanaman hias. Karena Kabupaten Sukabumi termasuk Kawasan pengembangan tanaman hias dan daun potong di Jawa Barat.

Ketua Assosiasi Florikultura Kabupaten Sukabumi, Mohamad Anas Anis menerangkan, Poktan Alamanda berkiprah dalam tanaman suji sudah lebih dari lima belas tahun, dan merupakan poktan yang bergerak di tanaman hias untuk exfort.

“Selain ke Negara Oman dan Rusia, Poktan Alamanda pun mengexfort ke Negara Malaysia, Singapura, Taiwan, China, Jepang, Taiwan, Belanda, India, Saudi Arabia, Iran. Kami pun mendorong kepada anggota Assosiasi Florikuktura Kabupaten Sukabumi untuk menanam tanaman untukexfort. Tentu saja tidak menghilangkan tanaman yang menjadi pokok yang selama ini di tanam,” jelas Anas.

Hadir pada kesempatan tersebut Puspita Yani dari BPTP Jawa Barat, Balithi, UPTD Pertanian Wilayah 1, Diat Sujatman, S.ST Koordinator BPP Kecamatan Sukabumi beserta staf dan undangan lainnya.

( Hry )

Leave a Reply

Your email address will not be published.