Desa Alam Endah Bangun Wisata Alam Arboretum

PenaKu.ID – Dengan melibatkan warganya sebagai pelaku usaha, Kepala Desa Alam Endah, H. Awan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung saat ini tengah membangun Kawasas Wisata Alam Aboretum di area Hutan Lindung Perhutani dengan luas 10 hektar.

Tujuan dibangunnya aboreteum itu, dikatakannya, akan berorientasi kepada objek wisata edukasi yang akan memiliki ribuan koleksi jenis tanaman endemik dan yang lainnya. Juga melestarikan keberadaannya agar tetap bisa dinikmati dan dirasakan manfaatnya nanti oleh masyarakat juga wisatawan lokal juga dari luar wilayah Kabupaten Bandung.

“Kita sudah mengantongi izin dari Asper setempat untuk memulai pembangunan itu,” katanya di lokasi, Senin (21/9/2020).

Izin yang diberikan, dikemukakannya, dengan sistem PKS yang nantinya diharapkan bisa mempunyai andil dalam membangun perekomian masyarakat terutama di wilayah sekitarnya. Juga bisa mengedukasi masyarakat serta wisatawan akan pentingnya menjaga kelestarian alam.

Pembiayaan pembangunan lokasi wisata diharapkannya dari masyarakat Alam Endah sendiri yang menjadi investor. Dengan begitu akan ada peran rasa tanggung jawab penuh dan akan selalu berupaya untuk menjaga kelestariannya. Dan tidak akan menjadi penonton dan penerima manfaat karena investornya dari luar.

“Arboretum ini untuk kemajuan masyarakat yang dikelola BUMDES Alam Endah. Sementara ini BUMDES sebagai pemodal awal, selanjutnya masyarakat diminta untuk berpartisipasi. Karena pembangunan diprioritaskan untuk kesekahteraan bersama,” ujarnya.

Rencananya, tambah Awan, selesai pembangunan itu akan akan dibangun pula stand-stand untuk menampilkan hasil karya masyarakat berupa makanan dan kerajinan-kerajinan masyarakat. Mudah-mudahan saja pembanguna aboretum bisa cepat selesai sehingga apa yang diharapkan bisa segera direalisasikan.



Reporter: zarina
Penulis: zarina

Editor: Alfatah

Leave a Reply

Your email address will not be published.