PenaPeristiwa
Trending

Bupati Banjarnegara Ditahan KPK, FBB & Forjasi Tasyakuran

Budhi Sarwono ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus korupsi

PenaKu.IDBupati Banjarnegara Budhi Sarwono ditahan dan ditetapkan tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi pengadaan di Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara tahun 2017-2018. Dari hasil penyelidikan KPK, Budhi diduga menerima Rp 2,1 miliar dalam kasus itu.

Budhi terlibat aktif, mengatur pemenang tender lelang proyek, dan menerima gratifikasi senilai Rp2,1 miliar dalam proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) Banjarnegara pada 2017-2018.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara memastikan roda pemerintahan tak terganggu usai penetapan Bupati Banjarnegara sebagai tersangka korupsi dan ditahan komisi antirasuah, Jumat lalu (3/9/2021).

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Banjarnegara, Khadir mengatakan roda pemerintahan masih berjalan seperti biasa dan belum tampak riak atau masalah. Terlebih pada Sabtu dan Minggu kantor pemerintahan tutup sehingga belum terlihat perbedaan kondisi antara sebelum dan sesudah bupati ditahan KPK.

Warga Cukur Gundul hingga Gelar Tasyakuran 7 Hari Berturut-turut Bupati Banjarnegara

Warga Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mencukur gundul rambutnya setelah bupati setempat Budhi Sarwono ditahan KPK atas kasus korupsi, Sabtu (4/9/2021).

Sejumlah warga yang tergabung dalam kelompok Forum Banjarnegara Bersatu (FBB) dan Forum Jasa Konstruksi (Forjasi) menggelar tasyakuran pada Sabtu (4/9/2021).

Kegiatan mereka itu dilakukan menyusul ditahannya Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

Diketahui, Budhi Sarwono ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus korupsi.

Adapun kegiatan mereka digelar di sebuah rumah di Desa Pucang, Kecamatan Bawang, itu diawali dengan doa bersama. Selanjutnya digelar aksi cukur gundul oleh dua orang warga.

Salah seorang anggota FBB, Yanto Togog, mengaku sebelumnya telah bernazar akan mencukur gundul rambutnya apabila kasus korupsi tersebut terbongkar.

“Saya memang sudah bernazar cukur gundul. Dengan cukur gundul ini semoga ke depan pemerintahan di Banjarnegara menjadi bersih,” kata Yanto dikutip dari Kompas.com pada Minggu (5/9/2021).

Sementara itu, Ketua FBB Setiawan Budiarto mengatakan acara tasyakuran rencananya akan digelar selama tujuh hari berturut-turut.

Adapun acara tersebut dilaksanakan di lokasi yang berbeda-beda secara bergantian.

“Syukuran akan terus dilakukan, sudah banyak masyarakat yang urunan,” ucap Setiawan.

Menurut dia, selama ini pembangunan infrastruktur di Banjarnegara sangat pesat. Meski demikian, banyak masyarakat yang merasa dirugikan.

“Masyarakat di kampung enggak tahu kalau bupati ini korupsi, karena terlena dengan jalan yang halus,” ujar Stiawan.

“Masyarakat dininabobokan dengan jalan halus, padahal itu menguntungkan bupati.”

Diberitakan sebelumnya, KPK menetapkan Budhi Sarwono sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tahun 2017-2018, Jumat (3/9/2021).

Selain Bupati Banjarnegara periode 2017-2022, KPK menetapkan satu orang pihak swasta bernama Kedy Afandi sebagai tersangka.

(***Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button