PenaRagam
Trending

BPBD Bandung Barat Waspadai Bencana Jelang Pancaroba

PenaKu.IDBPBD Bandung Barat (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung Barat) Jawa Barat mewaspadai potensi bencana longsor dan angin puting beliung menjelang peralihan musim atau musim pancaroba.

Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo mengatakan, musim pancaroba kerap ditandai hujan deras yang datang tiba-tiba yang disertai angin kencang.

“Berdasarkan prediksi BMKG musim pancaroba terjadi lebih awal. Kita imbau masyarakat waspada potensi bencana puting beliung dan longsor,” kata Duddy, Selasa (31/8/2021).

Ia menambahkan, wilayahnya memang berpotensi longsor, baik wilayah Selatan dan Utara meliputi Kecamatan Cililin, Sindangkerta, Gununghalu, Cisarua, Parongpong dan Lembang.

BPBD Bandung Barat Petakan Kerawanan

“Berdasarkan kejadian-kejadian bencana longsor tahun sebelumnya daerah rawan adalah wilayah Selatan dan Utara karena kontur tanah di daerah itu memang berbukit dan banyak pemukiman di lereng,” tambahnya.

Ia mengimbau, masyarakat di Kabupaten Bandung Barat untuk mewaspadai bencana alam yang bisa datang secara tiba-tiba.

“Biasanya potensi rawan puting beliung adalah daerah yang berada di sekitar sungai dan Bantaran Danau Waduk Saguling,” pungkasnya.

***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button