PenaRagam
Trending

Bakesbangpol Bandung Barat Cium Adanya FPI Gaya Baru

PenaKu.IDBadan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bandung Barat (KBB), sejak awal telah melakukan deteksi dini bakal munculnya organisasi Front Pembela Islam (FPI) versi baru di wilayahnya.

Walau begitu, Bakesbangpol Bandung Barat tak dapat melakukan tindakan lebih terhadap aksi deklarasi organisasi yang dilarang oleh pemerintah tersebut.

Kepala Bakesbangpol Bandung Barat, Suryaman mengatakan, Bakesbangpol terus memantau media sosial (medsos) yang menunjukan aksi deklarasi itu. Setelah diselidiki, sumber informasi resmi tempatnya berada di satu wilayah KBB.

“Jauh-jauh hari kita sudah melakukan deteksi dini tentang itu (FPI versi baru). Selama tidak menimbulkan keresahan masyarakat dan tidak melanggar hukum, kita tidak bisa berbuat lebih jauh,” kata Suryaman di Ngamprah, Rabu (8/9/2021).

Bakesbangpol Bandung Barat Belum Terima Data Legalitas

Ia menjelaskan, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang baru, untuk pembubaran sebuah organisasi tidak lagi oleh pengadilan. Namun bisa langsung oleh pemerintah pusat.

Lagipula pihaknya selama ini belum menerima pengajuan legalitas dari organisasi itu. Alhasil, Bakesbangpol tidak bisa melakukan pembinaan secara langsung terhadap organisasi yang belum terdaftar di kantornya.

“Sampai sekarang, saya belum mendengar atau mendapat laporan kalau acara waktu itu menimbulkan keresahan masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya, DPD Front Persaudaraan Islam atau FPI menggelar deklarasi pada Minggu 5 September 2021. Kegiatan itu tersebar di medsos twitter dengan menyebut-nyebut tempatnya di wilayah KBB.

***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button