PenaKu.ID – Perumda Air Minum Tirta Raharja adalah perusahaan daerah yang melayani kebutuhan air minum masyarakat/pelanggan di empat wilayah pelayanan meliputi Wilayah Pelayanan 1; Soreang dan Ciwidey, Wilayah Pelayanan 2; Banjaran, Bojongsoang dan Pangalengan, Wilayah Pelayanan 3; Ciparay, Majalaya, dan Rancaekek, Wilayah 4; Cimahi, Cisarua, Padalarang, dan Cililin.
Selanjutnya, Manajer Junior Humas dan Sekretariat Perumda, Hj. Sri Hartati, mengatakan, perlu disampaikan bahwa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di 4 empat wilayah tersebut, pada masing-masing wilayah pelayanan memiliki sumber air, sistem pengolahan air, sistem distribusi dan pelanggan dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan kondisi lingkungan dan sosialnya.
Dia menambahkan, sistem penyediaan air minum (SPAM) Tirta Raharja Kabupaten Bandung beroperasi secara optimal untuk melayani masyarakat di Kabupaten Bandung sebanyak 107.316 sambungan rumah.
“Perlu kami menyampaikan saat ini kondisi ketersediaan kapasitas pada sumber air Perumda Air Minum Tirta Raharja untuk pasokan air kepada pelanggan di Wilayah 1, Wilayah 2, Wilayah 3, dan Wilayah 4 sudah mengalami penurunan. Sehingga pendistribusian air hasil pengolahan dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perumda Air Minum Tirta Raharja kepada para pelanggan mengalami fluktuasi secara kuantitas, dan kontinuitas pengaliran,” katanya melalui telepon, Jum’at (10/9/21).
Menurut dia, hal ini sebagai dampak perubahan musim yang memasuki kemarau, menyebabkan berkurangnya kapasitas sumber air, serta berdampak pula terhadap Pelayanan Perumda Air Minum Tirta Raharja.
“Untuk itu kami mohon agar bisa pelanggan mengantisipasinya dengan menyediakan penampungan air secukupnya secara bijak dalam penggunaan air,” ujar dia.
Perumda Air Minum Tirta Raharja Lakukan Antisipasi
Perlu disampaikan pula lanjutnya, bahwa salah satu upaya yang dilakukan Perumda Air Minum Tirta Raharja untuk mengantisipasi dampak penurunan kapasitas air pada musim kemarau terhadap pendistribusian air kepada masyarakat/pelanggan khususnya di 4 (empat) Wilayah Pelayanan yaitu Wilayah Pelayanan 1, 2, 3, dan, 4.
“Perumda Air Minum Tirta Raharja, selalu melakukan pengecekan secara kontinyu terhadap ketersediaan sumber air baku, rekayasa jaringan perpipaan dengan penjadwalan terhadap pendistribusian air ke setiap jalur pipa pelanggan yang terdampak, serta memfasilitasi menyediakan armada tangki untuk pengiriman air minum kepada masyarakat atau pelanggan,” tuturnya.
Dia juga menjelaskan, untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan dan atau pelanggan yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pelayanan air minum Perumda Air Minum Tirta Raharja, dapat menghubungi atau mengirim pesan, ke petugas pelayanan langganan kami, dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan.
“Proses selanjutnya, kirimkan pesan dimaksud ke nomor Pengaduan Pelanggan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja via whatsapp ke : Wilayah Pelayanan 1 (satu) Soreang: 08112228563, Wilayah Pelayanan 2 (dua) Banjaran: 081120000206, Wilayah Pelayanan 3 (tiga) Ciparay: 08112228562, dan Wilayah Pelayanan 4 (empat) Cimahi: 08112228561,” pungkasnya.
**