PenaTekno
Trending

4 Cara Mudah untuk Meringakan Kinerja Windows 10

4 Cara Mudah Untuk Meringakan Kinerja Windows 10

PenaKu.ID4 Cara Mudah Untuk Meringakan Kinerja Windows 10, bersihkan disk dari file yang tidak digunakan, program dan game yang sangat banyak, mencari folder yang paling banyak memakan ruang di Hdd

Seiring waktu, drive komputer atau laptop mau tidak mau dipenuhi dengan berbagai file. Baik pengguna maupun sistem. Ini sangat penting jika Anda memasang SSD. Mereka cenderung jauh lebih kecil dari hard drive standar dan mengisi lebih cepat. Tentu saja ada SSD dengan volume 1-2 terabyte, tetapi harganya masih mahal.

Masalah utama dengan pembersihan disk adalah mengidentifikasi apa yang menghabiskan ruang yang dapat digunakan. Ada 4 cara mudah untuk menemukan file yang tidak perlu dan menghapusnya.

Pembersihan Disk Windows 10

4 Cara Mudah Untuk Meringakan Kinerja Windows 10 memulai dengan alat bawaan di sistem operasi Windows 10. Klik kanan pada drive yang diinginkan dan pilih “Properties”. Selanjutnya, pada tab “Umum”, klik “Pembersihan Disk”.

Sistem akan melakukan secara otomatis apa yang harus dihapus. Periksa semua item dan tandai item yang mengambil volume signifikan. Perhatikan item “Download”. Ini adalah folder tempat file dari Internet diunduh secara default. Sebagai aturan, file yang dibutuhkan oleh pengguna berada di sana, jadi lebih baik menghapusnya secara manual. Sistem hanya akan menghapus semua yang disimpan di sana.

Menghapus dan Memindahkan Program

Menghapus program, tentu saja, merupakan cara yang efektif, tetapi tidak selalu cocok. Banyak program memakan sedikit ruang, jadi menghapus instalannya tidak akan menghasilkan apa-apa. Lainnya, terutama game, bisa memakan waktu puluhan gigabyte, tetapi sering digunakan dan tidak disingkirkan. Namun, bila diperlukan ruang untuk sesuatu yang penting, Anda dapat memeriksa semua perangkat lunak yang diinstal. Jadi, mungkin Anda telah menginstal program yang hanya digunakan sekali dan tidak diperlukan lagi.

Untuk masuk ke menu uninstall, klik kanan pada “Start” dan pilih “Applications and Features”. Perhatikan dua kondisi penyortiran di sini. Pilih drive yang Anda inginkan dan urutkan berdasarkan ukuran program.

Game yang diinstal di Steam atau peluncur lain dapat ditransfer ke drive lain. Opsi ini tersedia di pengaturan program. Misalnya, game awalnya diinstal pada SSD, tetapi sekarang dapat ditransfer ke hard drive biasa. Ini berguna jika Anda tidak ingin mencopot pemasangan dan mengunduh ulang game saat Anda membutuhkannya.

Membersihkan File Yang Tidak Digunakan

Pembersihan Disk internal di Windows 10 tidak menghapus file sementara dari program pihak ketiga seperti cache browser. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan program CCleaner yang populer untuk membersihkan firmware sistem yang tidak berfungsi.

Jalankan programnya, pastikan Anda berada di tab Standard Cleaning. Di sini Anda perlu memilih parameter agar program tidak menghapus apa pun yang tidak perlu. Pertama, centang semua kotak di browser yang tidak Anda gunakan. Kemungkinan besar Anda memiliki Internet Explorer dan Edge, tetapi Anda menggunakan browser yang berbeda. Parameter lainnya di tab Windows tidak perlu disentuh.

Kedua, buka tab Aplikasi. Di sini, langkah pertama adalah mengkonfigurasi pembersihan browser. Anda tidak dapat mencentang semua kotak tanpa berpikir, jika tidak, Anda akan kehilangan semua kata sandi dan pengaturan situs yang tersimpan. Periksa Cache dan Cookie Internet. Selain itu, setelah menghapus cookie, Anda mungkin perlu masuk lagi di beberapa situs, atau pengaturannya akan menghilang di sana. Selanjutnya, klik “Analisis” dan “Bersihkan”.

Periksa Program Yang Berjalan di Task Manager

Cara lain untuk Untuk Meringakan Kinerja Windows 10 dan menghapus item yang tidak diinginkan adalah dengan melihat file mana yang menghabiskan banyak ruang. Anda mungkin telah mengumpulkan banyak musik atau foto yang tidak perlu. File tersebut dapat dihapus seluruhnya atau hanya duplikatnya.

Untuk menentukan berapa banyak ruang yang ditempati oleh folder mana, gunakan alat bawaan Windows atau program pihak ketiga. Klik kanan pada “Start” dan pilih “System”. Selanjutnya, “Memori perangkat”.

Secara default, statistik disk sistem ditampilkan, tetapi Anda dapat memilih yang lain. Klik pada item “Lihat tingkat penggunaan memori pada disk lain”, yang terletak di bagian bawah jendela. Jadi, Anda akan mengetahui kategori mana yang paling banyak memakan ruang dan memahami apa yang harus dihapus terlebih dahulu. Harap dicatat bahwa Anda perlu menghapus disk secara manual, dan sistem hanya meminta Anda folder mana yang perlu Anda lihat.

Bahkan informasi lebih rinci diberikan oleh program khusus WinDirStat. Ini juga gratis dalam bahasa Rusia. Awalnya, tampilan program mungkin tampak rumit, tetapi sebenarnya tidak. Informasi untuk kejelasan disajikan dalam bentuk grafik. Namun, Anda dapat mengabaikannya dan bahkan mematikannya dengan tombol F9. Yang benar-benar Anda butuhkan adalah pohon disk di bagian atas program. Di sini Anda dapat melihat folder apa saja dan ruang yang ditempatinya.

Jika semua sudah anda lakukan maka laptop atau komputer anda bisa digunakan tanpa ada lemot, semoga bermanfaat untuk 4 Cara Mudah Untuk Meringakan Kinerja Windows 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button