PenaRagam
Trending

Warga Desa Cikondang Kompak Salurkan Bantuan Korban Longsor Cibeber

PenaKu.ID – Kemampuan merasakan bagaimana penderitaan yang dirasakan saudaranya, tercermin oleh sikap warga Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabuparen Cianjur, Jawa Barat. Warga desa tersebut, secara suka rela mengumpulkan bermacam logistik, untuk disalurkan kepada para korban banjir dan tanah longsor di Desa Cibokor.

Selama sepekan mereka berhasil mengumpulkan sejumlah kebutuhan mendesak bagi korban bencana alam berupa beras, gula, kopi, susu, mie instan, minyak goreng serta keperluan dapur lainnya. Sebagai penopang aspek kesehatan lainnya, warga juga mengumpulkan puluhan kardus berisi pakaian bekas layak layak pakai, selimut, jaket dan perlengkapan diri lainnya.

Bukan sekedar itu, meski dalam situasi perekonomian yang masih serba sulit, warga desa juga melengkapi bantuan sosialnya dengan mengumpulkan sejumlah uang tunai.

Melalui koordinator Pemerintah Desa Cikondang, bantuan tersebut, Senin (7/6), diserahkan kepada para korban bencana alam di Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber. Penyerahan menggunakan pickup penuh muatan barang bantuan, dikawal Kepala Desa Cikondang, Yana Mulyana, Babhinsa, Tokoh masyarakat serta beberapa pemuda.

“Kegiatan ini bersifat spontan dan tanpa paksaan. Dasar kami berbuat adalah rasa kemanusiaan, untuk saling membantu saudara kita yang sedang membutuhkan,” papar Kepala Desa Cikondang, Yana Mulyana, kepada jurnalis di sela-sela penyerahan bantuan.

Ditambahkan Yana Mulyana, sejumlah bantuan yang disalurkan tidak seberapa, dibanding penderitaan yang dialami para korban bencana alam. Kemudian Yana Mulyana membuat terminologi, pihak mana yang bersedia menerima bencana meski mendapat batuan.

Sementara Kepala Desa Cibokor pada kesempatan serah terima bantuan yang berlangsung di Balai Desa setempat itu, menyampaikan ungkapan terima kasih dan perasaan harunya. Melalui Yana Mulyana, Kepala Desa Cibokor menyampaikan rasa sukacitanya kepada seluruh warga Desa Cikondang yang memiliki mata hati mulia.

“Kami mewakili segenap warga Desa Cibokor mengucapkan terima kasih tiada berkesudahan. Selanjutnya, warga Desa Cibokor mendoakan agar budi baik dan rasa peduli seluruh warga Desa Cikondang, mendapat imbalan tanpa akhir dari Sang Khaliq. Aamiin Ya Allah Mujibassaillin,” tutur Kepala Desa Cibokor.

Seperti diketahui, akibat hujan deras yang berlangsung belum lama ini Desa Cibokor tertimpa banjir dan longsor. Bencana alam itu mengakibatkan sedikitnya 18 rumah warga mengalami kerusakan berat dan ringan, serta sebanyak 79 rumah terancam.

Data pemerintah desa setempat menyebut, sebanyak 313 jiwa dari 92 kepala keluarga terpaksa diungsikan di lokasi yang aman. Para pengungsi tinggal sementara di dua lokasi, yakni Pondok Pesantren Assalam dan Madrasah Ibtidaiyah Persis desa setempat.

Usai ramah tamah sederhana dan sebelum meninggalkan lokasi, Kepala Desa Cikondang, Yana Mulyana, mendoakan agar Desa Cibokor kembali bangkit menata ekonomi dan pembangunan wilayahnya.

*Reprter: SHR

*Editor: BangFin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button