PenaRagam
Trending

Ujang Baron Ajak Ronda di Kelurahan Ciateul Kota Bandung

PenaKu.IDProgram “Urang Jaga Lingkungan Bareng Ronda Meh Aman (Ujang Baron)” mengajak warga masyarakat Kota Bandung untuk melaksanakan ronda bersama dalam meningkatkan keamanan lingkungan melalui Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) masing-masing wilayah.

Selain itu, Ujang Baron juga mengajak warga untuk berpartisipasi dalam menciptakan kedisiplinan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol pp) Kota Bandung, Radian Setiadi, S.I.P, melalui Kepala Bidang Linmas, Deny Kusmansyah di lapangan menjelaskan, program Ujang Baron mengajak kebersamaan warga agar menjaga keamanan lingkungan.

“Sekarang agak rawan kan, kita adakan ronda bersama,” kata Deni kepada PenaKu di lokasi ronda RW 09, Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Rabu (04/11) malam.

Lanjut Deni, pihaknya selama dua bulan ke beberapa kelurahan di Kota Bandung sudah berkeliling mengadakan ‘Ujang Baron’ ini.

“Satu regu dari Satpol PP ada lima orang dengan satu kepala regu,” tambah Deni.

Deni berharap adanya program tersebut dapat menekan kriminalitas di Kota Bandung. Selain itu juga, terang Deni, turut memantau pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah pemukiman warga.

“Kita disini ikut ronda start dari jam 9 malem sampe subuh, mas,” imbuhnya.

“Ya mengajak masyarakat juga agar sadar keamanan lingkungan, apalagi akhir-akhir banyak orang yang kena PHK kerja karena corona, dikhawatirkan berdampak negatif pula bagi keamanan lingkungan,” ujar Deni.

Hal yang sama juga dikatakan oleh salah seorang Ketua Forum RW, Gusbob yang pada kesempatan tersebut ikut ronda bersama.

Gusbok menilai ‘Ujang Baron’ salah satu upaya untuk membangkitkan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) agar hidup kembali.

“Yang jelas ini intinya terusan Kampung Tohaga Kodaya. Antisipasi menyangkut lingkungan,” singkat Gusbob.

Sementara itu, Lurah Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Matahun Binairi DS (Tyas) di kesempatan yang sama menyebut program ‘Ujang Baron’ sangat baik dan mendukung.

“Saya pribadi mendukung program ini karena baik sekali untuk meminimalisir kejahatan dan kerawanan di malam hari,” kata Tyas.

Lanjut Tyas, dirinya berharap agar ‘Ujang Baron’ ini bisa berkesinambungan setiap bulan atau setiap periode secara rutin.

“Di RW 09 ini ditunjuk mewakili Kelurahan Ciateul untuk mengadakan ronda bersama ini. Dan semoga ini berjalan terus,” pungkas Tyas.

Menurut informasi di lapangan, pelaksaan ‘Ujang Baron’ tersebut bakal digelar di empat belas kelurahan dari sebelas kecamatan yang ada di Kota Bandung selama sebulan penuh pada bulan Nopember 2020 ini.




(Wox)

Related Articles

3 Comments

  1. 593605 421014Wonderful weblog here! Also your website loads up fast! What host are you employing? Can I get your affiliate link to your host? I wish my site loaded up as rapidly as yours lol 621134

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button