oleh

Sosialisasi Relawan Badan Penanggulangan Bencana ( BPB ) DPP Manggala Garuda Putih Di DPC Manggala Garuda Putih Kab. Pangandaran

PenaKu.ID – Badan Penanggulangan Bencana (BPB) DPP Manggala Garuda Putih, Kang Cakra telah melakukan serah terima formulir relawan kebencanaan kepada Ketua DPC MGP Kab. Pangandaran Yanto, yang dalam kesempatan ini disaksikan secara langsung oleh Ketua Umum Manggala Garuda Putih Bp. H. Djoni Hidayat S.H.,M.M., yang bertempat di Hotel Tyara Plaza Kab. Ciamis, pada hari Selasa 11 Februari 2020.

Dilakukan pula kunjungan sosialisasi ke DPC Manggala Putih Kabupaten Pangandaran pada hari Rabu tanggal 12 Februari 2020 di Jl. Pantai Timur Kab. Pangandaran.

Dalam rangka pembentukan 6000 relawan pantau gabungan dalam satu unsur Pentahelix. Disampaikan penjelasan mengenai kebencanaan,
– Mitigasi dan Kesiapsiagaan,
– Tanggap Darurat,
– Rehabilitasi dan Rekonstruksi.
Serta fungsi dari Relawan Pantau.

Dalam kesempatan sosialisasi ini selain dihadiri oleh perwakilan tiap Pengurus Anak Cabang (PAC) MGP kab. Pangandaran, dihadiri pula oleh dua orang Kepala Dusun yaitu Bambang (Ka. Dusun Mekarsari, Desa Ciganjing) mengatakan bahwa program ini sangat penting sekali dan tidak bisa dipungkiri bahwa, masyakat banyak yang belum memahami tentang Kebencanaan, sosialisasi ini sangat penting, mengharapkan agar bisa diteruskan sampai ke masyarakat secara langsung. Selanjutnya Aminudin (Ka. Dusun Ciokong, Desa Sukaresi) sangat mendukung dalam program ini, mengajukan secara langsung pertama kali untuk ikut bergabung dalam team relawan kebencanaan BPB Manggala Garuda Putih.

Dalam arahan Presiden Joko Widodo, pada acara Munas BNPB pada 4 Februari 2020 lalu di SICC Bogor, di point ke 3 sangat jelas menginstruksikan bahwa Penanggulangan Bencana harus dilaksanakan dengan kolaboratif, ‘Pentahelix’ yaitu kolaborasi antara unsur Pemerintah, Akademisi dan Peneliti, Dunia usaha, Masyarakat serta Media massa.

Kang Yayan Heryana selalu Sekretaris DPC MGP kab. Pangandaran, bahwa daerah Kabupaten Pangandaran termasuk daerah yang rawan bencana bahkan termasuk dalam resiko tinggi (berdasar pada data IRBI tahun 2018 yang dikeluarkan oleh BNPB ), berharap anggota DPC MGP kab. Pangandaran dapat ikut serta menjadi relawan kebencanaan BPB DPP MGP dan dapat ikut berperan serta melakukan sosialisasi Mitigasi dan Kesiapsiagaan dalam menghadapi Bencana pada masyakat di Kab. Pangandaran.


( yans )

Komentar

News Feed