PenaPeristiwa
Trending

Rumah Warga di Karangtengah Cianjur Tertimpa Pohon

PenaKu.ID – Belasan rumah warga Desa Langensari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ambruk tertimpa pohon tumbang akibat disapu angin kencang pada Senin (29/11/21) sekitar pukul 4 sore.

Informasi yang dapat dihimpun, siang harinya langir terlihat biru dan panas matahari cukup menyengat, sekitar pukul 15,00 WIB langit  sekita mendadak mendung.

Tak lama kemudian hujan turun lebat disertai angin kencang dan suara menggelegarnya petir ikut menghiasi suasana alam.

Satu pertatu pohon besar yang berada di lingkungan pemukiman warga bertumbangan tak sedikit bangun rumah rohoh tertimpa pohon.

Tak hanya itu, kabel jaringan listrik tegangan tinggi pun putus tertimpa pohon. Selain itu, genting rumah warga juga beterbangan ditiup angin.

Seusai amukan angin yang mengakibatkan sedikitnya 23 pohon tumbang, terhitung 12  bangunan rumah milik warga amburadul.

Tak lama berselang tenaga bantuan dari BPBD, Damkar, Tagana, ORARI, Retana dan petugas dari Pemkab Cianjur bergerak ke lokasi mengevakuasi warga.

Beruntung kejadian tersebut tak memakan korban jiwa, namun dua orang warga mengalami luka cukup serius lantaran tertimpa puing bangunan rumah. Korban pun segera dilarikan ke puskesmas terdekat.

“Sekarang sedang menjalani perawatan kesehatan di Puskesmas terdekat dan mengenai kerugian matrial hingga kini belum bisa terhitung,” ucap Ade (56) warga Desa Langensari.

Sementara itu, Koordinator Rescue Damkar Cianjur H. Ade Rihyan mengatakan pihaknya sudah melakukan evakuasi ke lokasi kejadian setelah mengetahui adanya laporan dari warga.

“Setelah di lokasi langsung mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa bangunan rumah milik warga bersama dengan BPBD, Tagana, ORARI Retana dan masyarat sekitar,” ujar Ade kepada media saat dikonfirmasi.

Dalam waktu selama dua jam pihaknya berhasil mengevakuasi pohon-pohon yang menimpa rumah warga.

“Evakuasi pohon tumbang bisa dilaksankan dengan tertib aman dan lancar dan 2 orang warga yang mengalami luka serius sedang diobati di Puskesmas terdekat,” pungkasnya.

**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button