PenaKesehatan
Trending

Puluhan Pegawai Pengadilan Agama KBB Dites Urine

PenaKu.ID – Puluhan pegawai Pengadilan Agama (PA) ditess urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bandung Barat (KBB). Hasil dari pemeriksaan tersebut seluruhnya dinyatakan negatif.

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) Nomer 2 tahun 2020 tentang rencana aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kepala BNN KBB, AKBP M Julian mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi deteksi dini PA KBB dalam upaya memberantas peredaran narkoba di lingkungan kerjanya.

Karena, kata Julian, PA KBB cukup resfek terhadap program Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Alhamdulillah, Pengadilan Agama KBB sangat respek terhadap program pemerintah dalam upaya P4GN,” kata AKBP M Julian kepada PenaKu.ID di Ngamprah, Jum’at (21/5/2021).

Ia menjelaskan, terbukti dengan dilaksanakannya deteksi dini berupa sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Khusus untuk seluruh pegawai di PA KBB baik Ketua maupun Wakil Ketua, para Hakim, hingga staf dalam upaya deteksi dini melalui tess urine. Jumlahnya 46 orang, dan alhamdulillah hasilnya negatif semua,” jelas Julian

Baca juga:

Meski demikian, Julian pun mengimbau kepada seluruh pegawai PA KBB agar tetap mengantisipasi adanya peredaran gelap bisa saja berkeliaran dilingkungan keluarga ataupun sekitar rumahnya.

Bahkan, sebagai bentuk keseriusan dan pembuktian dilakukan penandatangan kerja sama atas kesepemahaman tentang sikap upaya pemberantasan peredaran narkoba.

“Tess urin ini, entah itu nanti diadakan per 6 bulan sekali atau berapa bulan sekali. Tergantung kesiapan Pengadilan Agamanya (PA) dan sesuai kesepakatan,” terang Julian.

Ia menambahkan, tes urine yang dilakukan PA KBB tersebut, tidak sebatas pembuktian jika aparatnya bebas narkoba. Namun, bisa juga menanamkan kepercayaan terhadap masyarakat bahwa PA KBB bersih narkoba.

Sebelumnya, BNN KBB melakukan penandatangan kerja sama dalam program P4GN tersebut, bersama Kodim 0609 Cimahi. Tes urine untuk Pemda KBB, bakal dilaksanakan juga sesuai hasil berkomunikasi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan.

“DPRD juga sudah menyatakan kesiapannya, untuk tes urine. Insha Allah, ke depan kita juga akan melakukan tes urine bagi ASN KBB, Aksi Nasional P4GN inipun, pada hari ini kita melakukan sosialisasi di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jabar di Lembang,” pungkasnya.

(CDR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button