18 Cakada di Malut Belum Jalani Test Urine

Ketua BNN Malut Hairuddin Umaternate

PenaKu.ID – Kantor Badan Narkotka Nasional (BNN) Provinsi Maluku Utara (Malut), telah melakukan pemeriksaan urine terhadap 28 bakal calon kepala daerah pada 8 Kabupaten dan Kota di Provinsi Malut yang menggelar Pilkada serentak akhir Desember mendatang.

Pada pemeriksaan urine hari ketiga, Rabu (9/9/2020), BNN Malut telah memeriksa 14 bakal calon kepala. daerah yang telah mendaftar di KPU Kabupaten dan Kota di Malut.

Ketua Tim Tes Urine Narkotika Pilkada Tahun 2020, BNN Malut, Hairuddin Umaternate mengatakan, hingga harinketiga tahapan pemeriksaan urine, BNN Malut telah memeriksa 28 bakal calon kepala derah dan wakil kepala daerah yang ikut bertarung pada pesta demokrasi lokal (pilkada) pada 8 Kabupaten dan Kota di Malut.

Kata dia, BNN Malut melakukan pemeriksaan urine jika bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah telah mengantongi hasil pemeriksaan swab test dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boeisorie Ternate.

Pada hari ketiga, lanjut Hairuddin, tercatat ada 14 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah menjalani pemeriksaan urine.

“14 paslon ini didampingi komisioner KPU masing-masing Kabupaten/Kota, serta perwakilan partai pengusung,” ujar Hairuddin.

Data yang dikantongi menyebutkan,14 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang menjalani 0emeriksaan urine hari ketiga, diantranya, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Zulfahri Abd. Duwila dan Ismail Umasugi, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, Hasan Bay dan Asgar Saleh, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Said Bajak dan Joel Wagono.

Selain itu, ada pula, calon Bupati Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Frans Maneri, calon Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Usman Sidik dan Helmi Umar Muksin, calon Wali Kota Tidore Kepulauan, Basri Salama, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt.Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen.

Selanjutnya, calon Wali Kota Tidore Kepulauan, Salahudin Adrias dan calon Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Hasan Ali Bassam Kasuba.

“Hari ketiga, kami mencatat ada 14 Paslon yang telah dilakukan tes urine,” ujar Hairuddin, Rabu (9/9/2020) usai pemeriksaan.

Dia menyebut, berdasarkan data yang tercatat di BNN, dari 46 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah mendaftar di KPU, hingga hari ketiga pemeriksaan kesehatan, sudah ada 28 bakal calon yang telah menjalani test urine, sementara 18 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah lainnya belum melakukan pemeriksaan urine.

Dia berharap, pada pemeriksaan urine hari keempat, Kamis (10/9/2020), hari ini, seluruh kontestan plkada di Malut yang belum melakukan test urime, dapat diselesaikan, “dari 18 Paslon ini kami menunggu hari ini, jika hasil swab test sudah ada semua, maka akan diselesaikan hari ini,” ujarnya.

Ketua tim Tes Urine Narkotika Pilkada Tahun 2020, BNN Malut, Hairuddin Umaternate menambahkan, dalam pelaksanaan tes urine, BNN Malut tetap menerapkan SOP pemeriksaan, termasuk mencantumkan komitmen moral sebagai pegangan BNNP Malut bersama kepala daerah terpilih dalam menjalankan Program P4GN di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, kata Hairuddin, dalam tahapan debat kandidat nanti, ada materi terkait penanggulangan narkoba di wilayah masing-masing, sebagai komitmen kepala daerah dalam memberantas peredaran dan penggunaan narkoba di Maluku Utara.

(Gibran)

Leave a Reply

Your email address will not be published.