Pemilih Pemula Tahu Capres Tapi Banyak Yang Tak Tahu Caleg, Harus Coblos siapa…?

foto : para konstituen pemula

Kab. Cianjur, LabakiNews.id –

KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Cianjur saat ini tengah melakukan pendistribusian logistik Pemilu 2019 ke sejumlah wilayah kecamatan, dan ditargetkan sudah rampung pada H-3.

Selain itu, upaya sosialisasi untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan itu gencar dilakukan, terutama menyasar kaum milenial pemilih pemula.

Sejauh ini, upaya tersebut bisa dibilang membuahkan hasil, kendati tidak berbanding lurus dengan pengetahuan mereka soal Caleg peserta Pemilu 2019 .

Awak media pun coba menanyai secara acak para pemilih pemula untuk menghimpun respon dan perhatian mereka terhadap Pemilu 2019.

Dari sepuluh orang pemilih pemula yang ditanya, semuanya mengaku sudah punya gambaran soal teknis mencoblos di TPS nanti, namun mereka tidak tahu mau pilih siapa nantinya.

“Pernah dikasih tahu teknis pencoblosan nanti di TPS waktu di sekolah, tapi tidak tahu nanti mau pilih siapa,” kata kekey (17) kepada koran labaki, jumat (12/04/2019).

Pelajar kelas 12 asal Bojongpicung, Cianjur, Jawa Barat itu mengaku hanya tahu capres dan cawapres saja, sedangkan soal caleg DPRD, DPR – RI maupun DPD buta sama sekali.

“Sering lihat di jalan, kan banyak spanduk-spanduk caleg, tapi tidak tahu, tidak ada yang kenal sama sekali,” ucapnya.

Senada dengan kekey, Nandan (20) mengatakan pernah ikut simulasi pencoblosan yang digelar KPU Cianjur beberapa waktu lalu, dan ia mengaku surat suara yang diterimanya banyak.

“Ada lima surat suara, saat dibuka banyak sekali nama-nama orangnya (caleg). Tidak tahu coblos siapa, tapi pastinya nanti pilih salahsatu,” ujar warga pasir manyar- hegarmanah,Bojongpicung Cianjur, Jawa Barat itu.

Alvian agustin (19), milenial asal Gurudug, Desa Jati, Cianjur, Jawa Barat bahkan dengan polos akan menanyakan terlebih dahulu pada om soal pilihan politiknya di Pemilu 2019 nanti.

“Nanti mau tanya om dulu, kalau disuruh om pilih anu, ya sudah pilih itu saja,” ujarnya.,*

( Decky )

Leave a Reply

Your email address will not be published.