PenaKesehatan
Trending

Musim Penghujan, Waspada dengan Kasus DBD

PenaKu.ID – Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi drg. Pratiwi mengingatkan masyarakat agar waspada akan munculnya kasus demam berdarah (DBD) di musim penghujan ini.

Pratiwi menuturkan kasus terbaru DBD di Kota Cimahi mengalami peningkatan dalam sebulan terkahir. Hingga kini data orang terjangkit DBD di Kota Cimahi sebanyak 161 orang.

“Kasus warga yang terkena DBD di Kota Cimahi mengalami kenaikan,” ujar Pratiwi kepada awak media, Kamis (9/12/2021).

Dia melanjutklan dari data tersebut sebanyak 18 orang meninggal dunia.

“Untuk totalnya ada 161 kasus sejak Januari. Kemudian yang meninggal bulan ini aja ada 4 orang,” terang Pratiwi.

Untuk mengantisipasi bertambahnya kasus, Pratiwi meyarankan agar lebih intens melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Karena menurut dia, potensi berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti di musim penghujan relatif masif.

“Kemudian kalau sudah merasakan gejala DBD seperti demam, jangan ragu untuk membawanya ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas,” kata Pratiwi.

Sementara, Kepala Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Penularan, Romi Abdurrahman mengungkapkan hal yang sama.

Musim Penghujan Berkembang Jentik

Dia meminta agar warga Kota Cimahi lebih waspada terhadap berkembangnya nyamuk aedes tersebut. Terlebih Kota Cimahi termasuk daerah rawan DBD, dengan tiap tahunnya selalu ditemukan kasus yang terjangkit.

Dia menyarankan agar masyarakat secara rutin dapat melakukan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan tempat tinggalnya supaya nyamuk tidak dapat berkembangbiak.

Ia menyebut jentik nyamuk dapat dengan mudah berkembangbiak di tempat-tempat genangan air.

“Bukan cuma rumah, tapi juga di halaman sekitar rumah. Soalnya saat ini kalau bukan kita sendiri melakukan PSN, enggak akan ada yang meriksa. Jadi periksa jentik di rumah sendiri,” kata Romi.

Terkait fogging, ia menuturkan hal itu hanya dapat membasmi nyamuk-nyamuk yang sudah dewasa. Efektifnya kembali dengan cara sedari dini melakukan PSN secara berkala di rumah atau di lingkungan masing-masing.

“Untuk fogging eketif untuk membunuh nyamuk dewasa, tapi jentik dan telur nyamuk harus dengan PSN dan sebagainya,” tandas Romi.

**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button