PenaKesehatan
Trending

Manfaat Jambu Biji Menurut Anak Biologi UIN Banten

PenaKu.ID – Jambu biji merupakan salah satu tanaman yang sering dijumpai di seluruh belahan dunia pada bagian-bagian tropis. Tanaman ini merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil, kemudian disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

Di Indonesia sendiri, jambu biji tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Selain rasanya yang enak dan segar, jambu biji juga mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh kita, karna jambu biji memiliki beberapa kandungan vitamin, mineral, dan serat yang tinggi.

Tanaman yang memiki nama latin Psidium guajava ini, berasal dari famili Myrtaceae.

Tanaman ini memiliki tinggi pohon sekitar 3m sampai dengan 10m, kulit batang-nya berwarna pirang dan licin, daun-daun-nya bertangkai pendek, dan memiliki bunga yang merupakan bunga majemuk yang tumbuh dari ketiak daun.

Bagian yang berkhasiat dari tanaman ini yaitu buah dan daun-nya. Meskipun terdapat beberapa jenis jambu, jambu biji merupakan jambu yang paling digemari oleh masyarakat, selain  mudah tumbuh di beberapa tempat,  buah ini juga memiliki kandungan vitamin  C tertinggi dari pada jambu lain nya, yang bermanfaat sebagai antioksidan.

Baca Juga:

Kandungan vitamin C pada jambu biji dalam ukuran satu gelasnya, lima kali lebih banyak dari pada jeruk, yaitu 377 mg.

Vitamin C juga merupakan bahan dasar kolagen yang sangat baik untuk mengatasi  permasalahan keriput pada wajah  perempuan.

Selain itu juga kandungan vitamin C pada buah jambu biji ini dapat bermanfaat sebagai pencegah kerapuhan (fragilitas) kapiler pembuluh darah, dan dapat mengurangi risiko pendarahan pada penderita DBD, serta dapat mencegah penyakit kanker.

Daun jambu biji memiliki beberapa kandungan senyawa kimia, yaitu saponin, flavonoid, polifenol, alkoid, karoten, steroid, kuinon, anti-oksidan, minyak atsiri, dan tannin.

Senyawa flanovoid pada daun jambu biji dapat bermanfaat sebagai antidiare seperti quercetin. Jambu biji juga dapat menjadi bahan makanan yang cocok bagi orang yang sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan  jambu biji mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Tanaman jambu biji juga bermanfaat sebagai gastroentritis akut, radang tenggorokan kronis, diabetes militus, dan dapat digunakan untuk mengobati luka jatuh, atau juga luka bakar.

Setelah kita mengetahui bahwa jambu biji memiliki berbagai manfaat, maka dari itu jangan lupa untuk mengonsumsi jambu biji sebagai salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit pada tubuh kita.

*Penulis: Dewi Sari

**Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Related Articles

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button