Adventorial
Trending

Layanan Bi Eha dan Mang Udin Torehkan Prestasi

Bi Eha dan Mang Udin Masuk Top 45 Inovasi Jawa Barat 2021

PenaKu.IDLayanan Bi Eha dan Mang Udin inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung dalam pemberian pelayanan publik kepada masyarakat kembali menorehkan prestasi.

Berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 5588/HM.06/Org tanggal 28 September 2021 hal Finalis TOP Inovasi Pelayanan Publik Jawa Barat Tahun 2021, Layanan Bi Eha dan Mang Udin berhasil meraih TOP 45 dalam Kompetensi Inovasi Jawa Barat (KIJB) Tahun 2021.

Inovasi Layanan Bi Eha dan Mang Udin ini pun akan kembali dipresentasikan pada Rabu (13/10) untuk mendapatkan kesempatan meraih TOP 10 Inovasi Jawa Barat Tahun 2021.

Layanan Bi Eha (Bisa Euy Hebat) dan Mang Udin (Mangga Urus Dokumen Identitas Kependudukanna) bertujuan untuk memberikan layanan jemput bola bagi para lansia, penyandang disabilitas maupun ODGJ, serta penduduk yang sedang sakit berupa perekaman KTP-el, pencetakan akta kelahiran, serta translasi akta kelahiran bagi penyandang tuna netra, sehingga diharapkan hak terhadap kepemilikan dokumen kependudukan dapat terpenuhi.

Pada awal jalannya inovasi, jemput bola dilakukan hanya memanfaatkan mobil dinas, hingga akhirnya dimodifikasi dua buah mobil pelayanan yang sudah tersedia untuk kemudian dilengkapi dengan peralatan perekaman KTP-el portable, yang diresmikan oleh Walikota Bandung pada 4 Oktober 2018 dan diberi nama Bi Eha dan Mang Udin.

Apresiasi terhadap Bi Eha dan Mang Udin ini menjadi penghargaan ke-7 yang diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam kurun waktu Tahun 2021.

Berikut Raihan Penghargaan Selain Layanan Bi Eha dan Mang Udin

Adapun berbagai penghargaan lain yang sudah berhasil diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung selama Tahun 2021, antara lain:

1. Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Tahun dari Kementerian PANRB (Maret 2021);

2. Penghargaan Kategori Dukcapil Bisa dari Kementerian Dalam Negeri (Maret 2021);

3. Penghargaan Peringkat Terbaik 1 Pada Kategori Penduduk Besar Tingkat Daerah Prov. Jabar 2021 dari Dirjen Dukcapil Kemendagri (Agustus 2021);

4. Penghargaan Peringkat 3 Pengelola PPID Terinformatif dari Wali Kota Bandung (September 2021);

5. Penghargaan Kinerja Adminduk Juara dari Gubernur Jawa Barat (September 2021);

6. Penghargaan Dalam Mendukung Pelaksanaan Percepatan Vaksinasi COVID-19 bagi Penyandang Disabilitas di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 dari Staf Khusus Presiden RI (September 2021).

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran serta Surat Edaran Kementrian Dalam Negeri RI Nomor 471-13/2100/Dukcapil tanggal 6 Maret 2019 tentang Pelayanan Jemput Bola Perekaman KTP-el maka layanan Bi Eha dan Mang Udin menjadi layanan yang akan terus dilaksanakan, mengingat hak penduduk lansia dan penyandang disabilitas terhadap administrasi kependudukan dan layanan publik lainnya juga tetap harus dipenuhi.

***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button