PenaRagam
Trending

komisis IV berharap Ada Incineration Berkapasitas 1 Ton

PenaKu.ID – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat berharap ke depannya alat incineration pengolahan sampah ada yang memiliki kapasitas mengolah sampah di bawah 2 ton agar bisa digunakan di tingkat Rw. Demikian diungkapkan Tetep saat melakukan peninjauan alat incineration di kelurahan Melong Kota Cimahi Bandung Jawa barat, Jumat (12/3/21).

Alat incineration merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui
Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) kepada TPST 3R.

Proyek Incinerator model SP-INC2000 seharga 2 miliar rupiah ini sudah ramah lingkungan berdasarkan KLHK RI.

Baca Juga:

Dengan alat ini, dijelaskan Tetep sudah mampu mengatasi masalah sampah di tingkat hulu dan juga hanya membutuhkan tempat yang relatif kecil. Cukup dengan 500m2 dengan kemampuan kapasitas pengolahan sampah 2 ton per hari dan lama kerja sekitar 8 jam.

“Ini sebuah terobosan baru yang perlu dikembangkan, kemudian juga bagus kalau dibuat alatnya-alatnya yang misalnya kapasitas bukan 2 ton tapi juga 1 ton sehingga bisa mengolah sampah di tingkat yang lebih kecil lagi, misalnya tingkat RW,” kata Tetep.

“saya ingin tidak hanya dua tiga, tapi kita dorong sampai di seluruh kabupaten kota. Kita buat percontohan untuk model seperti ini, bahkan bisa dikembangkan ke depannya,” tambahnya.

Hal yang penting lagi menurutnya ialah harus ada pemilahan sampah di tingkat rumah tangga yang dilakukan penyortiran.

“Jadi sebelum sampai ke pusat pengolahan di tingkat RW, di masing-masing rumahtangganya sudah dipisahkan, mana yang organik mana yang anorganik,” jelas Tetep.

(DePe)

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button