PenaEkonomi
Trending

Komisi II: Pemprov Jabar Harus Tingkatkan Alokasi Dana ke Sektor ekonomi

PenaKu.ID – Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tengah Pandemi COVID-19, Pemprov Jabar harus mendorong anggaran pada sektor-sektor perekonomian agar roda perekonomian dapat kembali bergerak dan mendongkrak jumlah PAD.

Namun pada kenyataannya, saat ini jumlah alokasi anggaran pada sektor ekonomi mengalami penurunan sehingga hal tersebut berdampak pada target PAD yang masih rendah di bawah prediksi.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat R. Yunandar Eka Perwira di Gedung DPRD Jabar, Rabu (18/8/2021).

Yunandar pun mendorong, Pemprov Jabar untuk dapat melakukan upaya peningkatan anggaran pada sektor ekonomi yang notabene merupakan mitra kerja Komisi II.

“Jangan terbalik kita melihat bahwa PAD menurun maka anggaran sektor perekonomian harus diturunkan, hal itu akan menyebabkan efek yang semakin menyebabkan PAD menurun, karena ekonomi tidak terdongkrak,” ucap Yunadar.

Pemprov Jabar Harus Curi Momen

Lebih lanjut Yunandar menyatakan, bahwa saat ini kondisi ekonomi sedang mengalami kenaikan sehingga momentum ini harus menjadi optimisme bagi sektor ekonomi Pemprov Jabar untuk dapat lebih baik lagi.

“Artinya PAD minimal harus di set up menjadi sebuah target yang menyesuaikan dengan pertumbuhan ekonomi yang ada. (Semisal) 6,31% pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada triwulan 2 tahun 2021 atau prediksi nasional mencapi 5% dalam satu tahun , maka seharusnya itu susah sebuah optimisme bahwa kita sudah keluar dari resesi,” katanya.

Selain itu Yunandar menyebut, bahwa diperlukan suntikan insentif khususnya pada sektor-sektor yang memberikan PAD.

“Dalam hal ini kita bicara pajak daerah, pemilik kendaraan bisa membayar pajak ketika mereka sebagai pelaku usaha sebagai tenaga kerja, itu bisa mendapat penghasilan ketika dunia usaha berputar,” ujarnya.

“Jadi kita harus memberikan insentif kepada dunia usaha, terkait pada program-program mitra komisi II baik pada sektor pertanian melalui bantuan kepada kelompok tani UMKM , program digitalisasi, peternak,” tambahnya.

(Dws)

Related Articles

24 Comments

  1. Can I just say what a relief to seek out someone who truly knows what theyre talking about on the internet. You positively know tips on how to convey an issue to light and make it important. More individuals have to learn this and perceive this facet of the story. I cant consider youre not more popular because you definitely have the gift.

  2. My brother recommended I might like this web site. He was entirely right. This post actually made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for this info! Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button