PenaPendidikan
Trending

Ketua LBP2: Meski Mengundang Pro dan Kontra PTM harus Dilaksanakan

PenaKu.ID – Ketua Umum LBP2 ( Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan ), Asep B Kurnia atau yang lebih akrab disapa Aa Maung, juga Tokoh Muda dan Pemerhati Pendidikan serta Budayawan Jawa Barat, memberikan pandangannya kaitan dengan lonjakan COVID-19 akhir-akhir ini di beberapa wilayah yang diakuinya sangat ini memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

Sementara wacana untuk Pertemuan Tatap Muka (PTM) di sekolah yang mengundang pro dan kontra saat ini, secara pribadi Aa Maung mendukungnya terutama terkait dengan wacana PTM ( Pertemuan Tatap Muka) di sekolah yang sejujurnya sudah kembali mengundang pro dan kontra.

“Secara pribadi saya tetap mendukung bahwa PTM akan tetap dilaksanakan tahun ajaran baru sekarang yang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dan ada peran pengawas dari Satua Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19,” katanya melalui telepon, Rabu (16/6/2021).

Karena kesehatan, dia menambahkan, juga keselamatan merupakan hal yang utama bagi masyarakat. Dan pertanyaan mendasar yang hingga kini menjadi pertanyaan, sampai kapan masyarakat terbelenggu dari ancaman pandemi dan kapan pandemi akan berahir, hingga saat ini tidak bisa diprediksikan.

Dampak dari pendemi tersebut, diakui dia, selain berdampak pada laju perekonomian masyarakat, sosial, kesehatan, juga mempengaruhi perkembangan pendidikan yang selama 1,5 tahun ini, dipaksakan belajar daring atau online. Sehingga dikwatirkan bobot pendidikan akan semakin menurun.

Dan kualitas kurikulum baru yang disusun itu tidaklah mudah dan bisa selesai dalam waktu singkat. Sebab menurut dia, hal itu bukan merupakan solusi, sebab pada penerapannya masih terhalang jarang dan lebih mengandalkan daring yang diimplementasikan melalui Buku Lembaran Kerja Siswa (LKS).

“Jadi saya rasa PTM mau tidak mau harus tetap dilaksanakan dengan satu tujuan bahwa pendidikan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan untuk keberlangsungan bangsa dan negara ini ke depan, tetapi itu sudah tentu dengan tetap menjalankan prokes yang sangat ketat dan sesuai standar,” ujar dia.

Kunci dari permasalahan tersebut, lanjut dia, ada dilakukan koorsinasi antara orang tua siswa dan pihak sekolah, mengenai bagaimana cara pembelajaran yang akan diterapkan, termasuk durasi waktu dan hari belajar perminggunya. Di samping itub peran pemerintah dan instansi terkait barus benar-benar bekerja maksimal.

Dia mengajak kepada semua unsur terkait untuk berfikir secara realistis. Sebab tidak mungkin pendidikan ini terus menerus belajar dirumah ( Daring ) sampai menunggu pandemi hilang. Berdasarkan pantauan di lapangan di mana beberapa sekolah yang melakukan PTM harus mengalami kegagalan karena minat belajar siswa semakin berkurang.

Ini merupakan akibat dari kelamaan belajar daring, jelas dia, selanjutnya main game, bahkan bangun tidur pun siang hari. Kenyataan ini yang semestinya bisa menjadi pemikiran semua pihak, agar tidak terjadi pembodohan terhadap generasi penerus bangsa.

Aa Maung menggambarkan untuk berkaca pada jaman dahulu saat Indonesia dijajah, masyarakat tidak boleh bersekolah dan susahnya untuk belajar mencari ilmu, dan ancamannya adalah nyawa apabila ada masyarakat yang melanggar peraturan itu.

Tetapi bila masyarakat mampu bertahan disertai tekad yang kuat, dia meyakini permasalahan itu bisa dihadapi masyarakat dengan pasti. Karena keinginan yang kuat untuk maju dan berubah merupakan salah satu cara untuk meraih keberhasilan. Tentunya dengan menjalankan dan mematuhi prokes.

“Anggap saja saat ini COVID-19 itu adalah penjajah, dan saat ini kita tengah berjuang melawan penjajah melalui kebersamaan antar semua pihak agar bisa menang dan merdeka dari ancaman pandemi COVID-19 sampai ahirnya si pandemi bisa hengkang dari bumi pertiwi,” pungkas dia.

(ALF)

Related Articles

13 Comments

  1. After looking into a handful of the articles on your website, I really
    like your way of writing a blog. I book-marked it to my bookmark website list and
    will be checking back in the near future.
    Please visit my website as well and let me know what you
    think.

  2. My spouse and I absolutely love your blog and find most of your post’s to be
    just what I’m looking for. Would you offer guest writers to write content for yourself?
    I wouldn’t mind creating a post or elaborating on many
    of the subjects you write in relation to here.
    Again, awesome web site! quest bars http://tinyurl.com/49u8p8w7 quest bars

  3. Hi there I am so glad I found your webpage, I really found
    you by accident, while I was browsing on Google for something else, Regardless I am here now and would just like to say thanks a lot for a
    incredible post and a all round thrilling blog (I also
    love the theme/design), I don’t have time to browse it all at
    the minute but I have saved it and also added your RSS feeds, so when I have
    time I will be back to read a great deal
    more, Please do keep up the excellent jo. scoliosis surgery https://coub.com/stories/962966-scoliosis-surgery scoliosis surgery

  4. Superb website you have here but I was curious about if you
    knew of any discussion boards that cover the same topics discussed here?
    I’d really like to be a part of online community
    where I can get feedback from other experienced individuals that share the same interest.
    If you have any suggestions, please let me know. Appreciate it!
    quest bars https://www.iherb.com/search?kw=quest%20bars quest bars

  5. Your style is very unique in comparison to other people I’ve read stuff from.
    Thank you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I
    will just bookmark this site.

  6. whoah this blog is excellent i like reading your posts. Stay up the great work!
    You understand, lots of individuals are searching around for this information, you could help them greatly.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!