PenaSosial
Trending

Kampung Gekbrong Cianjur Deklarasi Kampung Bebas Narkoba

Warga dan para pemuda Kampung Gekbrong sepakat untuk turut memerangi dan memberantas peredaran narkoba

PenaKu.ID – Pemuda di Kampung Gekbrong, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat deklarasikan diri menjadi Kampung Bebas Narkoba.

Warga dan para pemuda Kampung Gekbrong sepakat untuk turut memerangi dan memberantas peredaran narkoba, agar generasi muda tidak terjerumus dalam penyalahgunaan barang haram tersebut.

Berbeda dengan kampung lainnya, pemuda di Kampung Gekbrong tampak begitu kompak membuat berbagai kegiatan yang mengarah pada hak positif. Sehingga para pemudanya terhindar nari penyalahgunaan narkoba.

Charles Paulus, pemuda Kampung Bebas Narkoba Gekbrong, mengatakan selama beberapa tahun terakhir, tokoh pemuda di kampung tersebut terus mencari cara untuk menghindarkan pemuda-pemudinya dari penyalahgunaan narkoba.

“Kita membuat banyak kegiatan, mulai dari olahraga, keagamaan, hingga wirausaha. Semuanya dilakukan agar narkoba tidak masuk dan menjerumuskan kawula muda di kampung kami,” kata dia, Rabu (9/8/2023).

Menurutnya di bidang olahraga, warga kerap menggelar kegiatan pertandingan olahraga. Sedangkan untuk bidang wirausaha, kini pemuda mulai beternak ikan lele hingga ikan air tawar lainnya.

“Kita juga fokuskan kegiatan keagamaan melalui pondok pesantren di lingkungan kami. Mengajak anak-anak dan pemuda untuk mengikuti pengajian sehingga dari keimanannya meningkat dan terbentengi dari pergaulan tidak baik,” ucapnya.

Namun dia mengaku selama ini masih kesulitan untuk memerangi narkoba hanya dengan dukungan dari warga dan pemuda. Makanya, para tokoh pemuda berkolaborasi dengan pihak kepolisian dan perangkat daerah untuk menjadikan kampung tersebut sebagai Kampung Bebas Narkoba.

“Gayung bersambut, dari kepolisian juga siap mendukung. Sehingga kampung kami resmi jadi Kampung Bebas Narkoba. Karena untuk memerangi para sindikat narkoba itu tidak mudah, makanya perlu dukungan dari penegak hukum. Dari para pelaku atau penyalahguna juga lebih takut apabila sudah ada aparat yang turun tangan melakukan pencegahan di kampung kami. Dan dari warga akan selalu memantau, jadi kalau ada yang mencurigakan kami segera lapor untuk ditindak,” kata dia.

“Kami berharap dengan berbagai kegiatan positif yang dilakukan serta dengan dukungan dari penegak hukum, kita bisa sama-sama perangi narkoba,” tambahnya.

Kampung Gekbrong Rentan Peredaran Narkoba

Di sisi lain, Kasat Narkoba Polres Cianjur AKP Primadona, mengatakan Kampung Gekbrong yang berada di perbatasan Cianjur-Sukabumi rentan menjadi sasaran peredaran narkoba.

“Perbatasan itu rentan jadi target peredaran, baik dari Sukabumi ke Cianjur ataupun sebaliknya. Karena dijadikan pintu masuk oleh para pelaku atau pengedar,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, kekompakan warga dan pemuda untuk menjadikan kampung tersebut sebagai Kampung Bebas Narkoba disambut baik.

“Dari warga sendiri memang sudah geram dengan peredaran narkoba. Mereka kompak dan sepakat untuk turut memerangi narkoba. Makanya kami dari Polres Cianjur juga mendukung, baik dari pembinaan wirausaha ataupun kegiatan lainnya. Termasuk jika ada penyalahgunaan, kami bergerak cepat untuk melakukan penindakan hukum,” tuturnya.

Dia menyebut Kampung Gekbrong akan dijadikan percontohan bagi kampung lainnya di Kota Santri untuk turut mencegah peredaran narkoba.

“Kita harus buat dulu satu contoh agar yang lain mengikuti. Ke depannya kita bentuk Kampung Bebas Narkoba lainnya agar Cianjur ini benar-benar bersih dari peredaran narkoba,” kata dia.

**

Related Articles

Back to top button