Kabupaten Bandung Bakal Pilih Pemimpin Baru

by
Pertanda medal pilkada dimulai dengan memukul kendang oleh bupati kab. Bandung dan para komisioner KPU

PenaKu.ID – Masyarakat Kabupaten Bandung tak lama lagi bakal melaksanakan pemilihan kepala daerahnya yang baru untuk periode 2020 – 2024 yang digelar pada bulan September 2020 mendatang.

Hal tersebut ditandai dengan diselenggarakannya sosialisasi tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020 yang digelar oleh KPU Kabupateng Bandung, dengan mengusung tema ‘Medal Pilkada Kabupaten Bandung’ di Stadion Sijalak Harupat Soreang Bandung. Minggu 08/03/2020.

Dalam acara tersebut sekaligus disosialisasikan tahapan pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati secara masif kepada masyarakat Kabupaten Bandung, penyerahan maskot atau sibol ( Simantul ) dan dirangkai dengan penanaman pohon sebagai simbol kabupaten Bandung peduli lingkungan.

Dalam Sambutannya Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Naser menyampaikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu Jawa Barat atas berhasilnya pada tahapan pilkada tahun 2015 yang lalu, yang dianggap berjalan lancar dan mencapai partisipasi terbaik, agar mampu menjadi cermin pada pilkada Kabupaten Bandung bulan September 2020 mendatang.

“Partisipasi pemilu kabupaten Bandung terbaik pada tahun 2015 lalu, hal-hal yang baik harus dibina, inovasi-inovasi baru harus digali, hal-hal yang curang diminimalisir,” ujar Dadang Naser

Sementara itu Komisioner KPU Jabar Idam kholik dalam paparannya menjelaskan target partisipasi pemilih pada pilkada Bupati Kabupaten Bandung tahun 2020 sebesar 79 % yang ia harapkan bisa tembus diangka 77%.

“Dengan jumlah penduduk sekitar 3,5 juta jiwa dengan kisaran jumlah pemilih mencapai 2,5 juta, merupakan modal sosial dan Ini momen gerakan sosial yang harus ditingkatkan,” kata Idam

Menurutnya faktor kesadaran pemilih adalah salah satu faktor untuk meraih target partisipasi pemilih tersebut.

“Faktor kesadaran pemilih mampu meningkatkan prosentasi partisipasi pemilih pada pemilihan september mendatang,” tambahnya

Sementara itu Komisioner KPU RI Firyan Azis berharap pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bandung pada September 2020 mendatang dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“Kita gunakan partisipasi kita, literasi pemilu dan demokrasi yang diharapkan yang jujur dan adil,” harapnya

Ia juga menekankan kepada jajaran KPU Kabupaten Bandung agar profesional dalam menjalankan tugas.

“Jaga integritas, tetap semangat dan tunjukan sikap profesional,” tukasnya

Nani ( 50 tahun ) salah seorang warga Kabupaten Bandung yang kebetulan pada waktu itu ada ditempat acara mengharapkan, adanya kelak pemimpin baru mampu mewujudkan keinginan masyarakat.

“Ya harus bijaksana, jujur dan bisa memperbaiki keadaan ekonomi masyarakat bawah,” tuturnya

Hadi dalam acara tersebut Ketua KPU Kabupaten Bandung, ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Bupati Bandung, Ketua KPU Prov. Jawa Barat, Ketua umum partai politik se Kabupaten Bandung dan Ketua KPU RI.


( dp )