PenaRagam

Jelang Musda V, DPD KNPI KBB Kenalkan Lima Balon Ketua

PenaKu.ID – Lima kandidat bakal calon (Balon) Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) diperkenalkan menjelang Musda V KNPI KBB Tahun 2020.

Adapun lima kandidat bakal calon ketua KNPI KBB 2021-2024 tersebut di antaranya, Rusdan, Iip Saripudin, Mochamad Galuh Fauzi, Sopyian dan Thorip Abdul Latif.

Lili Supriatna Ketua KNPI KBB mengatakan, dalam ajang tersebut pihaknya selalu menyelenggarakan debat publik. Namun, bertepatan dengan masa pandemi virus corona, acara tersebut urung digelar untuk meminimalisir sebaran virus tersebut.

“Biasanya para kandidat ini bersilaturahmi dengan pimpinan OKP dan pengurus daerah (Pengda) dikarenakan ada keterbatasan,” katanya saat ditemui, Sabtu (26/12/2020).

Ia menjelaskan, karena bakal calon itu syaratnya bahwa minimal mempunyai dukungan dari tiga pengurus kecamatan, ditambah enam organisasi kepemudaan yang terhimpun.

Selain itu, pihaknya malam ini akan merampungkan tatatertib (tatib) dan ketetapan-ketetapan lainnya.

“Sesuai amanah MPI itu jangan sampai melanggar konstitusi AD/RT karena musda ini adalah hajatan tertinggi di dalam konstitusi kami KNPI,” terangnya.

Ia mengungkapkan, untuk hasilnya sendiri akan masuk dalam tahapan pleno pada musda yang dimulai verifikasinya, karena tidak cukup hanya bakal calon.

“Selain itu, ketika bakal calon ketua menjadi calon ketua mereka harus mempunyai dukungan sebanyak 20 persen dari jumlah OKP yang ada,” ujarnya.

Ia menambahkan, bagi calon pun ketika menjadi ketua definitif harus memiliki suara 50+1. Jadi tahapannya masih panjang.

“Agar melahirkan pemimpin KNPI ke depan yang lebih baik dan legal dalam konstitusional,” tutupnya.

Diketahui, satu orang kandidat berhalangan hadir dari empat kandidat tersebut yaitu Thorip Abdul Latif.

CepDar

Related Articles

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button