Ingatkan Penyelenggara, APD Halmahera Utara, Datangi Kantor KPU dan Bawaslu

by
aksi unjuk rasa di depan KPU Halmahera Utara

PenaKu.ID – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Demokrasi (APD) Halmahera Utara (Halut) melaksanakan aksi unjuk rasa pada dua lembaga penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Halmahera Utara di Tobelo.

Aksi yang digelar APD Halut itu, terpusat di depan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 

Koordinator aksi, Kristo Hontong menyampaikan pernyataan sikap kepada dua penyelemggara Pilkada serentak akhir tahun ini.

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan Kristo, APD Halut meminta Bawaslu dan KPU Halmahera Utara wajib menjaga eksistensi, tetap independen dan menjaga netralitas sebagai lembaga negara yang diserahi tugas sebagai penyelenggara pesta demokrasi tanggal 9 Desember mendatang.

Menurutnya, Bawaslu dan KPU Halmahera Utara harus tegas dan taat dalam menjalankan protokol kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebaran coronavirus (covid -9) selama tahapan Pilkada Halut berlangsung.

Saat berorasi di depan kantor Bawaslu Halut, APD Halut mendapat respon positif dari komiaioner Bawaslu.

Saat hearing dengan masa aksi, Ketua Bawaslu Halut, Rafli Kamaludin mengapresiasi atas kepedulian mahasiswa yang mendorong agar pelaksanaan pilkada berjalan dengan aman dan lancar. 

“Kami mengapresiasi dengan aksi ini kami dapat memperbaharui diri untuk dapat mengawal Pilkada dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.  

Usai hearing, massa aksi bergerak ke kantor KPU Halmahera Utara dengan tuntutan yang sama.

Di kantor KPU, masa aksi APD Halut ditemi langsung oleh Ketua KPU Halut, Muhammad Rizal. Di hadapan masa aksi, Rizal berjanji akan selalu memegang teguh netralitas dan tidak tunduk kepada siapapun dalam pelaksanaan, baik sebelum dan sesudah Pilkada. 

Dia atas nama lembaga penyelenggara juga meminta dukungan dan support seluruh elemen di Halmahera Utara untuk ikut berpartisipasi aktif mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi lokal yang dijadwalkan akhir tahun ini.

“Kami berharap kepada rekan-rekan agar selalu mendukung pelaksanaan Pilkada dan kita harus saling berkomunikasi secara terbuka agar terjalin suatu hubungan yang baik,” harap Rizal di hadapan masa aksi.

(Gibran)